Sukses Gaet 47 Ribu Pengunjung di 2018, MUFFEST 2019 Siap Digelar

Silmia Putri - wolipop Senin, 26 Nov 2018 15:30 WIB
MUFFEST 2018. Foto: Mohammad Abduh/Wolipop
Jakarta - Baru tiga kali digelar, MUFFEST (Muslim Fashion Festival) sukses menjadi salah satu acara fashion muslim terbesar di Indonesia. Acara yang dihelat oleh IFC (Indonesia Fashion Chamber) ini menyajikan beberapa slot acara, mulai dari fashion show, talkshow, bazaar, kompetisi hijab & make up, dan kompetisi desain untuk generasi muda.

Tahun 2018 jadi momentum terbesarnya. Presiden Joko Widodo hadir membuka acara tersebut. Ada sekitar 47.153 pengunjung yang hadir dan 300 ekshibitor meramaikan acara bazaar. Transaksi yang dihasilkan pun cukup tinggi, yaitu sekitar Rp 28,3 miliar.

Sukses menghelat acara tersebut, IFC bersama Diandra akan kembali menggelar MUFFEST 2019. Acara tersebut akan mengambil lokasi di Assembly Hall, Jakarta Convention Center pada 2-5 Mei 2019.

Sukses Gaet 47 Ribu Pengunjung di 2018, MUFFEST 2019 Siap DigelarMUFFEST 2018. Foto: Mohammad Abduh/Wolipop


"Tahun ini, akan ada tema besar desain yang dibawa para desainer yaitu Cortex. Cortex merupakan paradoks dari kecerdasan intelejens artificial dalam era evolusi digital. Mereka akan menerjemahkan tema besar ke dalam DNA desain masing-masing," ungkap Lisa Fitria, Sekjen IFC pada Launching MUFFEST 2019 di CGV Pasific Place, Jakarta Selatan, Senin (26/11/2019).

Tak hanya karya para desainer yang jadi pusat perhatian, acara ini juga akan dijadikan ajang unjuk gigi Indonesia di mata dunia. Akan ada buyers dan media mancanegara yang diundang. Hal ini untuk merealisasikan langkah Indonesia untuk menjadi pusat fashion muslim dunia.



Untuk itu, MUFFEST melibatkan banyak pihak di acara ini mulai dari jajaran Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, juga menggaet komunitas seperti Hijabers Community dan Hijabers Mom Community. Ini menunjukkan keseriusan IFC dalam menghelat acara berskala besar.

Joshua Simandjuntak, Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) mengemukakan dukungannya untuk acara ini. "Bekraf ingin lebih mendorong talenta fashion desainer muslim berkualitas yang siap go global dengan mendukung acara MUFFEST sebagai event bertaraf internasional. Untuk itu BEKRAF mengungang buyers internasional untuk datang ke MUFFEST," terangnya.



Seperti tahun sebelumnya, akan ada beberapa sub acara yang mulai dihelat sebelum acara inti. Kontes desain untuk generasi muda Modest Young Designer Competition (MYDC) akan kembali digelar. Dua tahun lalu salah satu pemenangnya sudah menelurkan karya yang dicetak puluhan ribu helai dan dijual di outlet Zoya selaku sponsor utama.

Ada pula acara Next Face MUFFEST 2019, vlgoger competition, dan Catch Your Style yang akan digelar sebelum acara inti. Beragam kontes itu dibuat khusus untuk hijabers Indonesia sehigga semua muslimah bisa ikut berpartisipasi dalam acara besar ini. (sil/sil)