Hasil Riset, Modest Fashion Indonesia Duduki Ranking 2 Sedunia

Silmia Putri - wolipop Senin, 19 Nov 2018 14:10 WIB
Modest Fashion Indonesia Duduki Ranking 2 Sedunia. Foto: Getty Images Modest Fashion Indonesia Duduki Ranking 2 Sedunia. Foto: Getty Images

Jakarta - Ekonomi syariah memiliki perkembangan yang cukup pesat, tak hanya di Indonesia tapi juga dunia. Kesimpulan ini tercatat dalam hasil riset The State of Global Islamic Economy Report 2018/2019 yang dilakukan oleh Dubai International Financial Centre bersama Thomson Reuters dan Dinar Standard.

Ada 1,8 miliar muslim tersebar di dunia. Tahun 2017 saja, estimasi pengeluaran umat muslim di dunia sekitar USD 2,1 triliun. Hal ini menandakan geliat perekonomian syariah semakin tinggi. Beberapa sektor yang menjadi perhatian adalah halal food, halal travel, finansial syariah, hingga modest fashion.

Menurut laporan tersebut, modest fashion semakin mainstream di dunia. Hal ini ditandai oleh beberapa brand fashion populer dunia yang memiliki lini khusus 'modest fashion' seperti Nike, Uniqlo, hingga Marc Jacobs yang kini menjual hijab untuk seragam sekolah.

Hasil Riset, Modest Fashion Indonesia Duduki Ranking 2 SeduniaKarya Vivi Zubedi di New York Fashion Week tahun 2018. Foto: Dok. Vivi Zubedi


Ritel besar Amerika Macy's juga sudah menjual produk hijab. Meski pro kontra tetap ada, peningkatan industri modest fashion terus mencuat. Menurut The State of Global Islamic Economy Report 2018/2019, muslim di seluruh dunia mengeluarkan dana untuk membeli pakaian 'modest' hingga US$ 270 miliar pada tahun 2017 dan diperkirakan akan meningkat menjadi US$ 361 miliar pada tahun 2023.



Kabar baiknya, Indonesia menjadi negara yang memiliki andil terbesar kedua dalam industri modest fashion setelah Arab Saudi. Menurut The State of Global Islamic Economy Report 2018/2019, Indonesia memiliki nilai perputaran uang sekitar US$ 20 miliar untuk industri modest fashion.

Tak heran, prestasi Indonesia dalam industri modest fashion memang membanggakan. Beberapa desainer populer seperti Dian Pelangi hingga Vivi Zubedi melenggang di ajang fashion bergengsi dunia seperti Paris Fashion Week hingga New York Fashion Week lebih dari satu kali.

Selain itu, HIJUP, e-commerce muslim pertama di Indonesia bersama bersama grup Aidijuma Malaysia mengakusisi modest fashion e-commerce Haute Elan di London. Hal ini tercatat sebagai salah satu faktor terbesar berkembangnya industri modest fashion dunia menurut The State of Global Islamic Economy Report 2018/2019.

Hasil Riset, Modest Fashion Indonesia Duduki Ranking 2 SeduniaUlang tahun e-commerce HIJUP ke-7. Foto: Silmia Putri/Wolipop


Melihat lebih dalam ke dalam pasar hijab di Indonesia. Setiap tahunnya, brand hijab bertambah di Indonesia. Bisnis hijab melahirkan miliuner-miliuner baru yang didominasi oleh wanita berhijab. Sebut saja pemiliki brand Vanilla Hijab dan Heaven Light yang digadang-gadang memiliki omzet miliaran.

Memiliki prestasi gemilang, selayaknya bukan jadi alasan untuk menyombongkan diri. Justru ini merupakan cambuk untuk menjadi lebih baik lagi, baik dari segi kualitas barang maupun pengenalan. Semoga di tahun berikutnya, produk modest fashion Indonesia semakin dikenal dan diminati muslim-muslimah mancanegara. Sesuai dengan mimpi Indonesia untuk menjadi kiblat muslim fashion dunia.



Tonton juga 'Tetap Stylish dan Up to Date dengan Gaya Hijab Kekinian':

[Gambas:Video 20detik]



Hasil Riset, Modest Fashion Indonesia Duduki Ranking 2 Sedunia

(sil/sil)