Adegan Model Lepas Hijab di Iklan Jaket Jadi Kontroversi

Silmia Putri - wolipop Kamis, 01 Nov 2018 13:51 WIB
Ilustrasi hijab Foto: Istock
Jakarta - Sebuah iklan menjadi viral karena menampilkan adegan perempuan melepas cadar dan hijab. Iklan itu digawangi sebuah merek fashion asal Israel, Hoodie. Kampanye yang dibawa oleh iklan tersebut adalah 'Freedom is basic'.

Iklan tersebut hanya berlangsung beberapa detik saja. Adegan lepas cadar dan hijabnya sangat jelas karena berlangsung di awal scene. Sang model melepas hijab dan berganti pakaian memakai produk Hoodie.



Tak hanya iklannya, model yang tampil juga ikut dihujat. Ia adalah Bar Refaeli, aktris dan supermodel asal Israel. Menurut Forbes Israel, Refaeli pernah menjadi model dengan bayaran tertinggi pada tahun 2013 bersama dengan nama populer lainnya seperti Gal Gadot.



Video iklan tersebut mendapatkan banyak kritikan tajam. Banyak yang mencela kreatifitas dari label fashion tersebut. Hoodie pun mengunggah iklan serupa tapi menggunakan model pria.

Menghadapi serangan tersebut, Hoodie akhirnya menghapus iklan itu dari Instagram-nya. Namun, video itu sudah terlanjur menyebar. Banyak pengguna Twitter yang mengunggahnya sekaligus menghujatnya.



Salah satu postingan tentang video ini telah di-retweet 8 ribu kali dan mendapatkan sekitar 12 ribu likes. Ada lebih dari 400 komentar berdatangan. Kebanyakan dari mereka menyayangkan iklan tersebut.

"Ini iklan paling rasis yang pernah aku lihat. Nggak ngerti kenapa perusahaan bisa mengizinkan iklan seperti ini tayang. Jijik sekali rasanya, sulit mengungkapkan dengan kata-kata," tulis salah satu pengguna Twitter.

"Orang-orang gagal paham bahwa mengenakan hijab adalah pilihan setiap muslimah," tutur pengguna Twitter lainnya yang berhijab. (sil/eny)