Mengenal Zahra Butt, Pelatih Tinju Berhijab Pertama di Inggris

Silmia Putri - wolipop Rabu, 31 Okt 2018 17:34 WIB
Pelatih tinju berhijab di Inggris. Foto: Istimewa Pelatih tinju berhijab di Inggris. Foto: Istimewa

Jakarta - Semakin banyak wanita berhijab yang menunjukkan kemampuannya di bidang olahraga. Indonesia memiliki Aries Susanti yang meraih dua emas pada olahraga panjat tebing di Asian Games 2018. Ada pula sosok Ibtihaj Muhammad asal Amerika, atlet berhijab pertama peraih medali di Olimpiade.

Satu persatu para wanita berhijab menunjukkan kebolehannya di cabang olahraga yang tak biasa. Salah satu sosok baru yang mencuri perhatian adalah Zahra Butt, hijabers pertama di Inggris yang menjadi pelatih tinju.

Mengenal Zahra Butt, Pelatih Tinju Berhijab Pertama di InggrisZahra Butt, pelatih tinju berhijab pertama di Inggris. Foto: Istimewa


Zahra Butt, wanita berusia 39 tahun itu melatih tinju di kawasan Midlands. Memiliki idealisme tinggi dalam memberdayakan perempuan, Butt melatih para perempuan tinju tanpa dibayar.

Kecintaan Butt pada dunia olahraga berawal dari depresi setelah melahirkan anak keduanya. Dilansir dari About Her, Butt mengalami penambahan berat badan yang usai melahirkan. Di usia 30 tahun, ia pun mulai terjun di dunia olahraga.

Setelah rutin berolahraga berat badan Butt mulai stabil. Tak hanya berat badannya yang stabil, kondisi mentalnya pun membaik. Ia pun mulai terjun di dunia tinju dikenalkan oleh saudara laki-lakinya.

Melihat hal baik yang terjadi padanya ini, Butt ingin wanita lain merasakan manfaat serupa. Hijabers asal Nottingham ini aktif melakukan kampanye untuk pemberdayaan wanita. Salah satunya adalah "This Girl Can".


Ia ingin menunjukkan bahwa olahraga dapat mengubah hidup seseorang. Tak hanya membuat fisik seseorang menjadi sehat, tapi juga dapat mengatasi stres dan meningkatkan pola pikir positif.

Saat berlatih, Butt selalu memakai hijab dan busana yang tertutup. Hijab yang ia pilih biasanya berupa pashmina berbahan menyerap keringat seperti katun dan viscose. Untuk busana, ia memilih tampilan dua layer seperti T-shirt dan inner, agar menutupi lekuk tubuhnya. (sil/sil)