Hijabers Ini Jadi Mahasiswi Termuda yang Lulus dari Universitas Toronto

Silmia Putri - wolipop Rabu, 24 Okt 2018 17:32 WIB
Ilustrasi wanita berhijab. Foto: Istock Ilustrasi wanita berhijab. Foto: Istock

Jakarta - Usia 17 tahun biasanya jadi usia standar seseorang masuk ke jenjang perkuliahan. Namun, berbeda dengan seorang wanita bernama Sakina Rizvi yang berhasil lulus dari kampus di usia 17 tahun.

Sakina Rizvi berhasil menyelesaikan studinya di Universitas Toronto. Ia pun menjadi mahasiswi termuda kampus tersebut, yang lulus di tahun 2018. Ia mengambil jurusan Computer Science kemudian berpindah ke Sejarah Agama.

Dilansir dari City News Toronto, ibunda dari Sakina tidak terkejut melihat keberhasilan anaknya. Kecerdasan Sakina sudah terlihat sejak kecil. Ia tidak melalui sekolah TK, dan langsung sekolah dasar.



Sakina pun menjalani program percepatan saat SMA, sehingga Sakina lulus dari SMA di usia 14 tahun. Ia bersyukur bisa mendapatkan program tersebut, dan membuktikan bahwa mempelajari sesuatu tidak bergantung usia.

Menjadi mahasiswi di usia 15 tahun, Sakina menjalani hari-hari seperti mahasiswi lainnya. Para profesor di Universitas Toronto tidak membedakan perlakuan padanya. Begitupun dengan teman-teman di kampusnya, usia tidak menjadi 'gap' saat bergaul.

"Aku menetapkan mimpi dan golku. Aku bisa mencapai apa yang aku mau, selama aku berusaha keras dan bertekad untuk menyelesaikan semuanya," tutur Sakina dilansir dari City News Toronto.


Sakina percaya usia hanyalah angka. Ia berpesan kepada teman-teman seusianya yang baru masuk menjadi mahasiswa di kampus, untuk tidak menyia-nyiakan waktu atua menjadi prokastinator.

"Halangan terbesar kita adalah pemikiran kita sendiri. Kita punya kebiasaan untuk berkata 'aku tidak bisa melakukannya'. Katakanlah mulai sekarang, kamu bisa melakukannya, kamu bisa melakukan terobosan," tutup Sakina. (sil/kik)