Hari Santri Nasional, Ini Fakta Dian Pelangi yang Pernah Jadi Santri

Silmia Putri - wolipop Selasa, 23 Okt 2018 12:37 WIB
Dian Pelangi, Mantan Santri yang Sukses jadi Desainer. Foto: Instagram/DianPelangi Dian Pelangi, Mantan Santri yang Sukses jadi Desainer. Foto: Instagram/DianPelangi

Jakarta - Tanggal 22 Oktober diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Indonesia memiliki banyak sekali pesantren di berbagai daerah. Lulusan pesantren di Indonesia pun banyak yang memiliki karis sukses, tak hanya di bidang agama saja.

Salah satu mantan santri yang sukses mendunia adalah Dian Pelangi. Ia tak hanya dikenal oleh para hijabers Indonesia saja, tapi juga hijabers dunia. Ia pernah tampil di beberapa ajang fashion bergengsi dunia seperti Paris Fashion Week dan New York Fashion Week.

Baru-baru ini, ia pun memamerkan karyanya di museum ternama Amerika, De Young Museum, San Fransisco. Ia pun masuk ke dalam daftar 30 Under 30 Asia versi Forbes tahun 2018.

Seperti apa kehidupan Dian sebelum terkenal? Bagaimana kehidupannya saat jadi santri?

1. Pesantren Al Ihya Bogor

Hari Santri Nasional, Ini Fakta Dian Pelangi yang Pernah Jadi SantriDian Pelangi di Pesantren Al Ihya Bogor. Foto: Instagram/DianPelangi


Dian Pelangi mondok di Pesantren Al Ihya Insan Kamil di Bogor, tepatnya di kawasan Pasir Jaya Pondok Barat. Seperti santri lainnya, Dian mengikuti kegiatan seperti salat berjamaah, mengaji, dan tetap mengenyam pendidikan umum.

2. Jadi Santri Selama Tiga Tahun

Hari Santri Nasional, Ini Fakta Dian Pelangi yang Pernah Jadi SantriDian Pelangi di asrama pesantren Al Ihya Bogor. Foto: Instagram/DianPelangi


Dian menjadi santri selama tiga tahun, tepatnya saat bersekolah menengah pertama di SMP Insan Kamil, Bogor. Ia berhasil melewatkan masa remajanya di pesantren dan hidup bersama teman-teman dari berbagai daerah.

3. Tinggal Jauh dengan Orang Tua

Hari Santri Nasional, Ini Fakta Dian Pelangi yang Pernah Jadi SantriDian Pelangi jadi santri di Pesantren Al Ihya Bogor. Foto: Instagram/DianPelangi

Menjadi santri mukim, berarti harus siap tinggal jauh dari orang tua. Dian Pelangi menghabiskan tiga tahunnya untuk hidup mandiri, mengerjakan segala sesuatu sendiri di usia SMP.

4. Pernah Belajar Bahasa Arab di Kairo

Tak hanya menjadi santri, Dian Pelangi juga pernah terbang ke Kairo untuk belajar bahasa Arab pada tahun 2010. Ia kursus bahasa di Lessanul Arab, Kairo selama tiga bulan.

5. Memiliki Adik yang Jadi Santri Tahfidz

Meneruskan jejak sang kakak, adik Dian Pelangi Dinda juga tengah belajar ilmu agama di pesantren. Bedanya, Dinda menjalani program tahfidz di Pesantren Manarul Quran di Bima. Ia sedang menghafal Alquran di sana, dan dalam waktu lama tidak pulang ke Jakarta.




Tonton juga 'Serba Urban dari Dian Pelangi hingga Barli Asmara di JFW 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(sil/sil)