Hijab Disebut Bisa Bikin Jerawatan, Apa Kata Dokter?

Silmia Putri - wolipop Sabtu, 13 Okt 2018 11:17 WIB
Foto: Dok. Thinkstock Foto: Dok. Thinkstock

Jakarta - Jerawat jadi musuh yang menyebalkan untuk para wanita. Jerawat yang muncul di area wajah bisa membuat penampilan terganggu. Penyebab jerawat bermacam-macam. Dari sekian banyak penyebab, ada kabar tersiar bahwa hijab yang dipakai bisa sebabkan jerawat. Benarkah?

Menurut dokter kecantikan dari One Touch Clinic Jakarta, dr. Cahya Fitriani, area pipi tepatnya tempat lipatan hijab memang rentan jerawatan. Penyebabnya mungkin saja karena hijab. Tapi ada banyak faktor lain yang memengaruhi munculnya jerawat.

"Biasanya di bagian lipatan hijab di pipi itu kan biasanya ada gesekan-gesekan. Gesekan itu kan bisa bikin luka, nah luka itu yang bisa jadi tempat masuknya kuman penyebab jerawat," tandas dr. Cahya kepada Wolipop via telepon.

Hijab Disebut Bisa Bikin Jerawatan, Apa Kata Dokter?dr. Cahya Fitriani. Foto: Dok. One Touch Clinic Kemang


Namun, yang bermasalah bukan karena hijab. Menurut sang dokter, faktor terbesarnya adalah tangan kita. Para hijabers biasanya refleks membetulkan lipatan hijab di wajah. Sayangnya, tangan kita belum tentu bersih dari kuman.

"Sebenarnya bukan karena hijabnya sih, tapi ke-higienis-an kita. Kebanyakan lebih ke tangan kita yang gatel benerin rambut, atau rambut yang keluar-keluar. Rambut ini juga jadi penyebab jerawatan karena rambut adalah salah satu bagian terkotor dari tubuh kita," tandas dokter yang juga berhijab ini.

Jadi menurut dr. Cahya jerawat pada wajah wanita berhijab itu bisa saja dari tangan, rambut, atau hijab yang kotor. Tugas utama para hijabers adalah tetap menjaga kebersihan baik itu kebersihan tubuh dan hijab.

"Terutama buat orang yang gampang jerawatan, itu tuh ke-higienis-an nomor satu. Terus asupan makanan juga pengaruh banget sih. Jadi buat mencegah jerawat intinya menjaga kebersihan tubuh dan asupan makanan," tutup dr. Cahya.
(sil/sil)