Marvel Dikritik karena Hadirkan Superhero Pakai Niqab Tapi Bajunya Ketat

Eny Kartikawati - wolipop Selasa, 18 Sep 2018 13:40 WIB
Superhero Marvel, Dust. Foto: Dok. Twittter Sara Alfageeh, Marvel Superhero Marvel, Dust. Foto: Dok. Twittter Sara Alfageeh, Marvel

Jakarta - Superhero memakai niqab dihadirkan dalam komik Marvel. Namun karena kostumnya yang ketat, penampilan sang superhero pun dikritik dan dimakeover oleh hijabers ini.

Hijabers bernama Sara Alfageeh menjadi viral karena mengkritik Marvel terkait penampilan sosok superhero bernama Dust. Dust merupakan seorang mutant asal Afghanistan yang digambarkan Marvel menghormati tradisi. Sang superhero penampilannya dibuat memakai pakaian serba hitam dan berniqab.

Penampilan Dust ini yang membuat Sara mengkritik Marvel. Dia menyayangkan karena kostum Dust yang ketat dari bahan latex. "I love comics. I do, I really do. but wow y'all. who signed off on this Dust art. who looked at a niqabi character and still gave her the latex costume treatment," demikian tulis Sara di Twitternya.

Komentar wanita asal Boston yang suka menggambar ini menjadi viral. Tweetnya itu diunggah ulang hingga ratusan kali dan diserbu berbagai komentar pro dan kontra. Mereka yang pro, sepakat dengannya bahwa wanita berniqab tidak seharusnya memakai busana latex yang ketat.

Baca Juga: Cadar Poni Hingga Mata Elang, Mengenal Tipe-tipe Niqab di Indonesia

Superhero berniqab, Dust.Superhero berniqab, Dust. Foto: Dok. Twittter Sara Alfageeh, Marvel


Sara kemudian memutuskan untuk melakukan make over pada busana Dust. Dia menggambar baju Dust yang menurutnya sesuai dengan penggambaran sosok superhero itu yang sebenarnya.

Sara membuat beberapa gambar Dust versinya. Sang superhero terlihat memakai rok dan baju panjang, tetap disertai niqab. Ada juga versi Dust memakai sepatu high heels dan celana panjang, yang membuat penampilannya tampak lebih modern.

Dust versi Sara ini banyak mendapat pujian pengguna Twitter. Gambarnya tersebut sudah mendapatkan like lebih dari 20 ribu kali. Bahkan salah satu penulis komik Marvel, Zac Thompson juga memuji karyanya.

Dalam wawancara dengan BBC, Sara yang memang seorang seniman itu mengaku sangat senang dengan reaksi positif pada makeover yang dilakukannya untuk Dust. "Aku ingin memberikan Dust banyak sekali perilaku di gambar-gambarku," katanya.




Tonton juga 'Begini Jadinya Kalau Para Superhero Joget':


(eny/eny)