Umma Mode Jadi Agensi Model Pertama di Inggris untuk Para Hijabers

Silmia Putri - wolipop Rabu, 18 Jul 2018 14:08 WIB
Umma models, agensi model 'modest' pertama di Inggris. Foto: Instagram/UmmaModels
Jakarta - Industri modest fashion semakin menggeliat, tak hanya di Indonesia tapi juga di dunia. Para wanita berhijab kini memiliki peluang yang lebih besar di dunia fashion baik sebagai desainer, blogger, maupun model.

Inggris, sebagai negara minoritas Islam menjadi negara Eropa pertama yang membuat agensi khusus wanita berpakaian tertutup atau 'modest' bernama Umma Models. Agensi ini didominasi model berhijab dan muslim.

Baca juga: 5 Model Berhijab yang Jadi Sorotan Dunia

Model yang masuk agensi ini tak hanya dari Eropa atau Amerika. Pasangan kembar berhijab asal Malaysia, Iman dan Ainaa masuk ke dalam daftar model mereka. Agensi ini pun merekrut model non muslim dan tidak berhijab, tapi tetap diharuskan untuk berpakaian santun.

Tujuan didirikannya Umma Models adalah menghapus stigma bahwa model harus berpakaian seksi. Stigma tersebut masih lekat di negara-negara Eropa dan Amerika. 'Modest' model juga seringkali dibutuhkan untuk beberapa kampanye perusahaan besar, dan Umma Model hadir untuk menjembatani itu.

Umma Mode Jadi Agensi Model Pertama di Inggris untuk Para HijabersDeretan model dari Umma Models. Foto: Instagram/UmmaModels

Baca juga: 3 Model Muslim Ini Curi Perhatian di Milan Fashion Week 2018

Terhitung masih baru, para model dari agensi ini memang belum begitu populer. Sepertinya Umma Models belum menyentuh acara-acara fashion mainstream di sana. Namun, ia sudah mendukung berbagai acara bersegmen wanita muslim seperti Miss Muslimah USA beberapa waktu lalu.

Agensi yang menaungi para hijabers terbilang masih sangat sedikit dan belum populer. New York pernah membuat agensi model muslim bernama Arabian Busines tahun 2012, tapi tak terdengar perkembangannya hingga kini

Indonesia jadi salah satu negara yang memiliki banyak model berhijab. Zaura Models jadi pencetus agensi model pertama di Indonesia, diikuti oleh Lumina Models dan Azzura Models. Semoga saja para model berhijab Indonesia bisa eksis di mancanegara. (sil/sil)