Hijabers Tuna Netra Ini Rilis Terjemahan Alquran Berbentuk Braille

Silmia Putri - wolipop Rabu, 18 Jul 2018 11:42 WIB
Pasangan suami istri tuna netra rilis terjemahan Alquran braille. Foto: Dok. Islam by Touch Pasangan suami istri tuna netra rilis terjemahan Alquran braille. Foto: Dok. Islam by Touch

Jakarta -

Menjalani kehidupan muallaf sekaligus menjadi tuna netra tentu tidak mudah. Hal ini yang dirasakan Yadira, seorang muallaf yang mengalami kebutaan sejak lahir. Yadira memutuskan untuk memeluk Islam 12 tahun lalu.

Yadira dan suaminya Nadir yang juga tuna netra, mengaku kesulitan mempelajari Islam tanpa bisa membaca seperti orang lain. Hal ini pun mendorong mereka berdua untuk merilis terjemahan Alquran dalam bentuk braille. Projek Yadira dan Nadir ini dinamakan 'Islam by Touch'.

Hijabers Tuna Netra Ini Rilis Terjemahan Alquran Berbentuk Braille Yadira membaca terjemahan Alquran berbentuk Braille. Foto: Dok. Islam by Touch


Baca juga: Kisah Tunanetra yang Didiskriminasi Keluarga Kini Sukses Jadi Terapis

Tak hanya membuat terjemahan dalam bentuk braille, pasangan tuna netra ini juga bertekad mendistribusikannya secara gratis ke berbagai masjid di dunia. Hingga saat ini, tidak ada satupun terjemahan Alquran braille yang dijual secara cuma-cuma. Terjemahan Alquran dalam braille ini jadi yang pertama di kawasan Amerika Utara.

Terjemahan tersebut diambil dari terjemahan bahasa Inggris The Saheeh International Translation of the Quran yang dianggap paling terpercaya. Yadira berharap selanjutnya projek 'Islam by Touch' ini juga membuat buku hadist, sejarah Islam hingga cerita anak dalam bentuk braille.

Tonton juga 'Semangat Siswa Tunanetra Membaca Alquran':


Baca juga: Wanita Tuna Netra Jadi Terkenal Setelah Buat Tutorial Make-up di YouTube

Untuk menjalankan misi mulia tersebut, Yadira dan Nadir membuka wadah untuk sponsor dan donasi. Bantuan yang mereka terima akan digunakan untuk memproduksi terjemahan Alquran braille sekaligus mendistribusikannya ke berbagai daerah.

Kini, Islam by Touch juga rutin mengadakan beragam acara sosial. Nadir, Yadira, maupun aktivis Islam by Touch yang lainnya aktif menjadi pembicara di berbagai acara untuk meningkatkan kepedulian orang-orang terhadap proses pembelajaran agama bagi tuna netra.

Hijabers Tuna Netra Ini Rilis Terjemahan Alquran Berbentuk Braille
(sil/ami)