Ini Bazin, Baju Lebaran Pria Khas Afrika yang Mirip Baju Koko

Silmia Putri - wolipop Kamis, 21 Jun 2018 17:45 WIB
Bazin, baju tradisional Afrika untuk Lebaran. Foto: Aaron Beyers/Mvslim
Jakarta - Hari Raya Idul Fitri dirayakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Tak hanya negara Timur Tengah dan Asia yang punya 'baju lebaran', umat muslim Afrika pun punya baju khusus untuk dipakai di Hari Raya.

Busana tradisional Afrika yang sering dipakai di Hari Raya adalah bazin. Bazin memiliki potongan yang mirip dengan baju koko, yaitu atasan panjang dengan embroidery etnik.

Sebuah masjid yang berada di kawasan Antwerp, Belgia Eropa memiliki jamaah umat muslim dari Afrika. Mereka yang melakukan salat Eid di sana kompak memakai bazin.

Baca juga: Gaya Hijab Sophia Latjuba saat Lebaran Bikin Netizen Terpesona

Ini Bazin, Baju Lebaran Pria Khas Afrika yang Mirip Baju KokoContoh bentuk bazin, baju Lebaran khas Afrika. Foto: Aaron Beyers/Mvslim


Penampilan mereka didokumentasikan oleh fotografer Aaron Beyers untuk fashion spread Mvslim. Terlihat para pria baik dewasa maupun anak-anak memakai setelan bazin. Atasan dan celana yang mereka pakai terbuat dari bahan dan warna yang sama.

Baca juga: Terpesona Kecantikan Unik Model Wanita Keturunan Afrika Pertama di Korea

Warna dan motif yang dipakai cukup beragam. Ada bazin yang memakai kain berwarna solid tanpa embroidery, ada pula bazin yang memakai kain bermotif printing. Namun potongannya tetap sama. Di Indonesia, baju seperti ini dikenal sebagai baju koko Pakistan dan banyak dijual di Tanah Abang.

Ini Bazin, Baju Lebaran Pria Khas Afrika yang Mirip Baju KokoAnak pria asal Afrika memakai bazin saat Lebaran. Foto: Aaron Beyers/Mvslim


Adapun perempuan Afrika yang hadir hari itu memakai busana yang mirip dengan kaftan. Mereka memakai long dress dipadukan dengan pashmina. Yang membedakan long dress para wanita Afrika dengan Indonesia adalah jenis dan motif kainnya.

Mereka tampil penuh warna seperti oranye, biru elektrik, hijau, hingga ungu. Kain yang digunakan terlihat mengkilap dan tebal. Corak-corak etnik yang tegas menambah kesan playful busana mereka.

Ini Bazin, Baju Lebaran Pria Khas Afrika yang Mirip Baju KokoPenampilan wanita Afrika saat Lebaran.Foto: Aaron Beyers/Mvslim



Tonton juga video tentang 'Kostum Travelling Tim Nigeria Mirip Kostum Black Panther':

(sil/sil)