Sunsilk Hijab Hunt 2018

Ira Ary Monica, Model Cantik yang Jadi Finalis Sunsilk Hijab Hunt 2018

Hestianingsih - wolipop Rabu, 16 Mei 2018 16:21 WIB
Finalis Sunsilk Hijab Hunt Ira Ary Monica. Foto: Hestianingsih/Wolipop Finalis Sunsilk Hijab Hunt Ira Ary Monica. Foto: Hestianingsih/Wolipop

Bandung - Monolog Cut Nyak Dien mengantarkan model berhijab ini lolos audisi Sunsilk Hijab Hunt 2018 di Bandung, dan mewakili Kota Kembang untuk berkompetisi di Jakarta sebagai finalis, pada Juni 2018 nanti. Ira Ary Monica, memang mengaku sangat memfavoritkan sosok Cut Nyak Dien sebagai pahlawan perjuangan wanita.

Mojang Bandung yang aslinya berdarah Jambi ini sangat menyukai sejarah. Dari sekian banyak sejarah Indonesia yang ia baca, kekagumannya tertuju pada Cut Nyak Dien.

"Tanpa dia Indonesia nggak akan merdeka. Dia wanita Aceh yang mampu menggerakkan rakyatnya untuk berjuang," tutur Ira.

Wanita berusia 23 tahun ini memang sukses memukau juri Sunsilk Hijab Hunt dengan monolog bertema perjuangan, di mana ia memainkan peran sebagai Cut Nyak Dien. Mengikuti Sunsilk Hijab Hunt 2018, bukan hadiah atau popularitas yang diinginkan Ira. Melainkan wujud rasa syukurnya kepada Tuhan.
Ira Ary Monica, Model Cantik yang Jadi Finalis Sunsilk Hijab Hunt 2018Ira Ary Monica jadi Cut Nyak Dien di Sunsilk Hijab Hunt 2018. Foto: Hestianingsih/Wolipop

"Semenjak Ira mendekat ke Allah banyak banget hal-hal yang Ira dapat. Awalnya kan aku nggak pakai hijab, karena di Kota Jambi aku modelling. Tapi aku seperti banyak mendapatka hadiah dari Allah, apa yang aku inginkan selalu dikasih. Lalu aku berpikir, aku sudah kasih apa ke Allah?" tutur Ira, saat berbincang tentang #ceritahijabku dengan Wolipop.

Pikiran yang berkecamuk itu kemudian membuatnya memutuskan meninggalkan dunia modelingnya di Jambi dan pindah ke Bandung. Menurutnya, lingkungan di Bandung akan membantunya lebih mantap istiqomah dan berhijab.

"Kalau di Jambi aku merasa bakal susah berubah karena lingkunganku. Bukannya di sana nggak baik. Tapi aku butuh sesuatu yang mendukung aku untuk berhijab dan itu ada di Bandung," kata wanita lulusan UNISBA ini.

Meninggalkan dunia modeling karena ingin mantap berhijab, Ira justru mendapat pengganti pekerjaannya di dunia yang sama setelah memakai jilbab. Ya, saat ini Ira masih berprofesi sebagai model di Bandung, namun kali ini sebagai model berhijab.
Ira Ary Monica, Model Cantik yang Jadi Finalis Sunsilk Hijab Hunt 2018Ira Ary Monica finalis Sunsilk Hijab Hunt 2018. Foto: Hestianingsih/Wolipop

"Aku di Bandung kerja freelance sebagai model hijab. Aku sering foto untuk katalog busana hijab," ucapnya.

Wanita yang berhijab sejak 2013 ini sempat mengalami kejadian kurang menyenangkan perihal memakai jilbab. Kala itu, Ira pulang ke Jambi dan menghadiri acara pertemuan yang diadakan agensi model tempat ia bekerja dulu.

"Mereka kan tahunya di Jambi aku nggak pakai jilbab. Saat pulang ke Jambi, aku pakai jilbab. Dandananku biasa banget, sederhana, karena waktu itu masih belum mengerti styling hijab. Ada beberapa teman yang komentar kalau aku lebih cantik tanpa jilbab. Ada pula teman yang ketemu aku tapi pura-pura nggak lihat, seperti menghindar. Aku sih pikirnya, ketika kamu mau dekat dengan Allah pasti ada saja ujian," ungkap Ira.

Mantap berhijab, menurut Ira lebih banyak hal-hal positif datang ke padanya. Setelah diberi ujian demi ujian, Ira kembali mendapatkan berkah dan hadiah yang tak ternilai harganya dengan memakai jilbab.
(hst/hst)