Tren Busana Ramadan 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna Mutiara

Silmia Putri - wolipop Jumat, 04 Mei 2018 09:14 WIB
Tren Baju Lebaran. Foto: Silmia Putri/Wolipop
Jakarta -

Bulan Ramadan akan hadir dalam hitungan hari. Momen spesial ini biasanya dirayakan dengan sukacita oleh umat muslim di Indonesia. Mulai dari makanan hingga pakaian biasanya memiliki tradisi hingga tren khusus.

Satu per satu desainer busana muslim merilis koleksi Ramadan dan Hari Raya. Tren yang dibawa oleh para desainer sudah mulai terlihat arahnya. Mulai dari Irna Mutiara, Ria Miranda, Barli Asmara, hingga Tuty Adib sepertinya memiliki pemikiran serupa tentang gaya busana muslim yang akan banyak dipakai Ramadan ini.

1. Warna yang menenangkan

Tren Busana Ramadan 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna MutiaraTren Busana Ramadan 2018. Foto: Silmia Putri/Wolipop

Ramadan identik dengan suasana syahdu dan suci, sehingga tak heran jika warna-warna yang dipilih oleh para desainer tak jauh-jauh dari warna netral. Irna Mutiara memprediksi warna yang memberikan ketenangan seperti putih akan tetap dipilih oleh wanita muslim di era ini.

Hal ini diamini oleh Khanaan Shamlan dan Ria Miranda. "Wanita muslim saat ini terlihat lebih menyukai warna-warna kalem. Jika tiga tahun ke belakang, warna-warni dengan gaya hijab macam-macam itu jadi tren, maka tahun ini lebih simple dan warnanya juga lebih tone down," tutur Khanan pada acara peluncuran koleksi Ramadan bersama Zalora hari Kamis (03/05/2018).

Desainer lain yang membawa warna netral nan syahdu adalah Barli Asmara. Beberapa waktu lalu ia merilis koleksi Ramadan bertajuk Shubarasi yang didominasi oleh warna khaki, abu-abu, hitam, dan putih.

2. Kaftan modern

Tren Busana Ramadan 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna MutiaraTren Busana Ramadan 2018. Foto: ist

Kaftan seolah sudah menjadi busana ciri khas Ramadan. Menurut desainer Tuty Adib, kaftan tak bisa dilepaskan dari Ramadan dan lebaran. Pemilihan kaftan masih akan terus diminati hingga Ramadan tahun selanjutnya.

Desainer Khanaan Shamlan pun menyetujui hal itu. "Lebaran itu biasanya banyak aktivitas. Kalau pakai kaftan itu longgar, nyaman dipakai. Kalau makan banyak pun, bentuk tubuh tetap tertutup," tuturnya.

Hanya saja desain kaftan pun berkembang. Jika dulu kaftan dengan warna-warna terang dan aksen mencolok banyak dijual, kini desain kaftan menjadi lebih modern dan cocok dipakai oleh generasi muda.

3. Scarf dan busana bermotif

Tren Busana Ramadan 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna MutiaraTren Busana Ramadan 2018. Foto: Mohammad Abduh/Wolipop

Tren scarf motif dari tahun 2017 masih berlanjut hingga tahun ini. Hampir setiap desainer meluncurkan scarf dengan pattern printing. Scarf bermotif pun tak hanya digandrungi oleh para hijabers, tapi wanita yang tak berhijab.

"Tren scarf bermotif muncul karena sekarang digital printing sudah jauh lebih mudah dibandingkan dulu. Jadi sepertinya akan banyak desainer maupun brand lokal yang tergerak untuk membuat kain printing," ungkap Irna Mutiara saat ditemui di Lotte Shopping Avenue, Jakarta.

Tren Busana Ramadan 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna MutiaraTren Busana Ramadan 2018. Foto: Silmia Putri/Wolipop

Tak hanya scarf, banyak desainer yang juga mulai melirik busana dengan motif printing. Banyak juga yang mulai berani membuat busana set atau setelan bermotif. Contohnya karya terbaru dari Itang Yunasz dari label Alea Itang Yunasz dengan berani melakukan tabrak motif pada koleksi terbarunya.

4. Khimar syar'i

Tren Busana Ramadan 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna MutiaraTren Busana Ramadan 2018. Foto: Dok. Tim Muara Bagdja

Semakin berkembangnya tren busana muslim, banyak hijabers yang mulai sadar pentingnya berhijab sesuai syariat. Tren busana syar'i pun semakin digandrungi. Hal ini diakui oleh CCO (Chief Community Office) HIJUP Hanna Faridl bahwa khimar jadi salah satu produk terlaris di e-commerce muslim tersebut.

Pada acara annual show yang dilaksanakan merek busana syar'i Si.Se.Sa, dihadiri oleh selebriti Tanah Air seperti Kartika Putri hingga Mulan Jameela dengan memakai busana syar'i. Jika para selebriti sudah mau memakai busana syar'i, tak menutup kemungkinan busana tersebut akan diikuti oleh para fansnya hingga menjadi tren.

Ramadan juga biasanya diwarnai oleh acara-acara keagamaan. Busana sesuai syariat akan lebih cocok untuk dikenakan.

5. Gaya hijab sederhana

Tren Busana Ramadan 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna MutiaraTren Busana Ramadan 2018. Foto: Silmia Putri

"Sekarang para muslimah sudah semakin tahu gaya seperti apa yang mereka inginkan, mereka juga tampil lebih sederhana dan classy" ungkap Ria Miranda pada acara peluncuran koleksi Ramadan bersama Zalora hari Kamis (03/05/2018).

Tren Busana Ramadan 2018 Menurut Ria Miranda Hingga Irna MutiaraRia Miranda. Foto: Silmia Putri/Wolipop

Gaya simple dan praktis sudah semakin diminati. Tren jilbab beragam gaya di tahun 2010 sudah tak lagi dipakai tahun ini. Hijab segi empat berbahan katun yang nyaman, dikenakan dengan sederhana, tampaknya akan mewarnai gaya hijab Ramadan tahun ini.

(dtg/dtg)