7 Rahasia Wanita Berhijab yang Tak Pernah Dikatakannya

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 19 Des 2017 11:05 WIB
Foto: Hijab Hunt/detikcom Foto: Hijab Hunt/detikcom

Jakarta - Setelah berhijab, banyak perubahan yang terjadi pada muslimah. Beberapa dari mereka memilih untuk bersikap biasa saja dan tak menceritakan hal-hal sepele yang rupanya sering dialami para hijabers. Ini tujuh rahasia wanita berhijab yang hampir tak pernah dikatakannya.

1. Jarang Mencuci Rambut
Ketika sudah berhijab, banyak hijabers yang tidak mencuci rambut serutin dulu. Mungkin sebelum berhijab, frekuensi mencuci rambut setiap hari agar tidak lepek. Namun setelah berhijab, frekuensi mencuci rambut akan lebih jarang, paling tidak dua hari sekali. Meski demikian, beberapa di antaranya bahkan pernah tidak mencuci rambut selama lima hari. Rambut yang tertutup hijab membuat mereka tidak takut bad hair day.

2. Tak Jarang Mengalami Bad Hijab Day
Dilansir dari BuzzFeed, tak jarang hijabers yang mengalami bad hijab day. Bad hijab day bisa dialami ketika mereka ganti bahan kerudung, tak terbiasa dengan model kerudungnya, hingga pergantian peniti serta jarum pentul. Bad hijab day sering membuat hijabers merasa resah dan kurang nyaman.

3. Hanya Pakai 3 Warna
Setiap hijabers punya beragam warna dalam lemari mereka. Namun yang sering dipakai hanya tiga sampai lima warna saja. Meskipun ada segudang warna jilbab di lemari namun hijabers tak memakai semuanya secara rutin. Hanya beberapa warna favorit yang sering dikenakan setiap hari. Bahkan mereka rela cuci-pakai untuk mendapatkan kenyamanan ketika berkegiatan sehari-hari.

4. Selalu Gerah di Musim Panas
Para hijabers tak menyangkal kalau mereka sering merasa lebih gerah ketika musim panas daripada yang tidak menggunakan jilbab. Meski demikian, mereka jarang mengeluhkan hal ini ke teman atau orang lain karena sudah terbiasa.

5. Terkadang Jadi 'Tuli'
Ketika sedang mengenakan jilbab yang bertumpuk atau inner terlalu ketat, hijabers terkadang mendadak 'tuli'. Tuli di sini tidak berarti sesungguhnya tapi suka tak dengar perkataan orang lain. Hal ini menjadi wajar karena telinga mereka lebih tertutup rapat sehingga pendengaran kurang jelas saat memakai jilbab yang menekan telinga.

6. Punya Rambut Bagus di Balik Jilbab
Meski jarang mencuci rambut, hampir semua hijabers punya rambut yang bagus di balik jilbabnya. Tak langsung terkena paparan sinar matahari dan terlindung debu membuat rambut tumbuh lebih baik walaupun mengalami beberapa masalah seperti rontok dan ketombe. Bahkan beberapa hijabers berani mewarnai rambut secara ekstrem dan suka bereksperimen dengan rambut mereka tanpa khawatir pendapat orang lain.

7. Takut Islamophobia
Sejumlah hijabers khususnya di luar negeri merasa tidak khawatir akan Islamophobia. Namun sebenarnya dalam diri mereka sangat takut akan serangan Islamophobia. Mereka tak mengatakan ketakutan itu kepada muslimah lain agar tidak menimbulkan kecemasan. Beberapa hijabers di luar negeri bahkan sempat berpikir ingin buka jilbab karena takut Islamophobia.
(ays/ays)