Nike Tampilkan Para Wanita Berhijab di Iklan Terbaru

Arina Yulistara - wolipop Senin, 27 Feb 2017 11:34 WIB
Foto: YouTube
Jakarta - Beberapa brand kenamaan sebut saja H&M atau Target menampilkan model berhijab dalam iklan terbaru mereka. Kini Nike juga melakukannya. Dalam iklan terbaru brand olahraga asal Amerika tersebut, Nike menampilkan sejumlah wanita berhijab yang aktif di berbagai di bidang olahraga..

Seperti dilansir dari Reuters, Nike memperlihatkan wanita berjilbab mengenakan setelan baju training saat melakukan olahraga lari. Disusul pula wanita yang mengenakan scarf ketika bermain skateboard dengan lihainya. Tidak sampai di situ, ada pula atlet sepakbola yang tetap menggunakan jilbabnya. Setelan jersey berupa kaos celana pendek yang dilengkapi legging melengkapi penampilan hijabers muda tersebut.
Nike Tampilkan Para Wanita Berhijab di Iklan TerbaruFoto: YouTube

Dalam beberapa sesi ada pun seorang ballerina berhijab. Nike juga memperlihatkan atlet wanita berambut panjang dalam setelan busana yang modest saat berolahraga. Dalam video berdurasi satu menit sepuluh detik itu, terdapat suara narrator wanita yang berbicara dalam dialek Arab.

"Apa yang mereka katakan tentang Anda? Mungkin mereka akan mengatakan Anda melebihi ekspektasi mereka," ujar narator di iklan Nike.

Nike diketahui mengambil gambar video di pinggiran kota Dubai. Iklan ini memiliki tujuan untuk mencerminkan keaktifan seorang wanita dalam menjalankan hidupnya. Salah satu bintang dalam iklan tersebut yang ahli dalam parkour adalah Amal Mourad. Pelatih gym ini mengatakan bahwa ia sulit mendapatkan izin untuk menjalani passion-nya di bidang olahraga karena pengaruh budaya. Ya, memang ada anggapan bahwa wanita muslim sebaiknya tidak melakukan aktivitas di luar rumah.



Amal mengaku harus berjuang dalam meyakinkan ayahnya agar ia bisa pergi ke gym namun kini setelah semua yang sudah dibuktikan kepada sang ayah, Amal berhasil mewujudkan apa yang ia inginkan. Bahkan kini ia mengajar di kelas gym yang tidak hanya ada wanita di dalamnya tapi juga pria.

"Meyakinkan ayahku menjadi yang paling sulit," kata Amal kepada Reuters.

Sementara iklan Nike menunjukkan wanita muslim bisa melakukan aktivitas apa pun yang dicintainya termasuk ketika bidang tersebut lebih didominasi pria. Begitu pula dengan wanita berhijab yang dapat melakukan berbagai macam olahraga tanpa terbatas akan jilbabnya.

Iklan menuai banyak pujian dari netizen. Salah satunya dari pemilk akun Twitter @SaraAIZQ. "When an ad touches on the insecurities of women in a society, digs deeper & becomes an empowerment tool rather than just a product #JustDoIt," tulisnya di Twitter.

Ada pula akun @new_york_chik yang menuturkan kalau ia menyukai iklan terbaru dari Nike. "I love how skateboarder looks at guy like "what, muthafucka, what?!" Love it! Freedom is so beautiful!" kicaunya.




(ays/ays)