Heboh Iklan Billboard Bergambar 2 Wanita Berhijab di Australia

Arina Yulistara - wolipop Senin, 16 Jan 2017 16:08 WIB
Foto: Facebook
Australia - Wanita berhijab masih terus menjadi kontroversi di beberapa negara, kali ini di Australia. Terdapat iklan billboard di sisi jalan raya yang menampilkan dua sosok wanita berhijab hingga memicu banyak komentar dari netizen.

Iklan tersebut merupakan pengumuman tentang Australia Day yang dirayakan pada 26 Januari mendatang. Billboard dipasang di kawasan Melbourne, Australia. Iklan menampilkan hanya dua wanita berhijab namun tidak ada kelompok masyarakat lainnya.

Billboard di letakkan di sisi jalan Cranbourne, Melbourne bagian tenggara. Dua hijabers ditampilkan mengenakan jilbab biru dan putih. Mereka juga tidak didampingi oleh teman-teman lain dari suku atau agama yang berbeda. Inilah yang menyebabkan iklan di billboard memicu kontroversi.

Iklan ini diklaim netizen tak menggambarkan keragaman masyarakat Australia hanya dengan menampilkan dua wanita berhijab pada pengumuman Australia Day. Seharusnya iklan bisa dibuat dengan melihat perbedaan budaya dan agama di negara bersuku Aborigin tersebut.

"Aku tidak tahu apa yang terjadi di negeri ini. Ini penurunan, muslim bukanlah wajah dari Australia," komentar salah satu netizen.

Netizen lainnya memiliki pendapat serupa. Australia bukanlah negara muslim maka seharusnya iklan perayaan Australia Day bisa diwakili oleh sejumlah budaya tidak spesifik.

Banyak pengguna internet yang marah dengan iklan bergambar wanita berhijab itu, bahkan mereka tak segan untuk mengeluarkan kata-kata yang rasis. Meski demikian, beberapa netizen bersikap netral dan mendukung.

"Aku tidak mengerti kenapa orang-orang melihat dari satu ras ke ras lain. Coba berpikir lebih positif dan terbuka. Ingat, kita berbagi bumi bersama-sama bahkan jika Anda tidak menyukainya," ujar seorang responden.

Beberapa netizen pun mengatakan kalau Australia negara sangatlah beragam dan adanya perbedaan harus dirayakan. Ada pula netizen yang menyebutkan bahwa iklan ini menjadi bukti kalau menghormati kaum minoritas untuk membuat mereka merasa lebih baik dan diterima di masyarakat.

"Negara kita adalah multikultural dan jika Anda punya masalah dengan itu maka Anda punya masalah dengan Australia," papar responden lain.

Terkait tentang detail iklan Australia Day, rencananya akan digelar festival RACV Australia Day, King's Domain Gardens, Melbourne. Akan ada parade dan upacara pengibaran bendera pada Kamis (26/1/2017).

Simak video 20detik di bawah ini:

(ays/ays)