ADVERTISEMENT

Video: Ketika Petarung Wanita Terbaik Dunia Bertinju Pakai Hijab

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 04 Jan 2017 12:12 WIB
Foto: Getty Images
Jakarta - Tidak hanya para mahasiswi di beberapa universitas Amerika Serikat yang mengenakan hijab sebagai bentuk dukungan untuk para wanita muslim. Wanita yang dikenal sebagai petarung terbaik, Cris Cyborg, juga turut mengenakannya. Wanita bernama asli Cristiane Justino Venancio itu turut mengenakan hijab saat latihan tinju di dalam ring.

Terdapat video yang dibuat oleh Cris dan menjadi viral lewat media sosial. Video tersebut memperlihatkan aksi wanita peraih penghargaan World MMA Awards untuk kategori '2010 Female Fighter of The Year' itu saat latihan tinju bersama rekannya yang merupakan seorang pria di atas ring.
Video: Ketika Petarung Wanita Terbaik Dunia Bertinju Pakai HijabFoto: Facebook
Video: Ketika Petarung Wanita Terbaik Dunia Bertinju Pakai HijabFoto: Facebook

Cris mengenakan setelan celana training panjang dan atasan olahraga lengan panjang yang dibalut kaos pendek. Ia memakai jilbab instan warna krem yang praktis digunakan ketika latihan tinju.

Dalam video itu, wanita 31 tahun ini mengatakan bahwa ia berhijab untuk mendukung wanita. Menurutnya, hijab tidak berkaitan dengan agama tapi semua wanita di seluruh dunia.

"Hijab adalah simbol kesederhanaan dan privacy bagi semua wanita di dunia. Saya menggunakan hijab hari ini bukan sebagai simbol keagamaan tapi untuk mendukung semua wanita. Sebagai bagian dari program Pink Belt yang saya bentuk, ini sangat penting agar semua wanita tahu bahwa mereka spesial dan dapat melakukan apa pun tanpa ada batasan," jelas Cris seperti video yang diunggah ke Facebook pada Senin (2/1/2017).

Program Pink Belt dibuat olehnya untuk menyatukan para wanita dari semua agama, usia, dan budaya. Program ini juga bertujuan untuk memberdayakan perempuan satu sama lain.
Video: Ketika Petarung Wanita Terbaik Dunia Bertinju Pakai HijabFoto: Facebook
Video: Ketika Petarung Wanita Terbaik Dunia Bertinju Pakai HijabFoto: Facebook

Peraih penghargaan '2013 Featherweight of The Year' dalam ajang Women's MMA Awards itu mengaku kalau keputusannya untuk mencoba bertarung menggunakan jilbab dilatarbelakangi oleh stereotipe masyarakat tentang wanita berhijab. Ia berharap aksinya bisa menginspirasi orang lain dan mampu membantu meredakan stigma buruk tersebut.

Wanita asal Brazil itu menambahkan, kesalahpahaman dari orang-orang yang masih kurang sadar dan paham budaya yang sebenarnya memberikan rasa kekhawatiran tinggi terhadap para wanita khususnya yang muslim.

"One of the reasons I started my @pinkbeltfitnessprogram was because I saw a need to unite women of all religions, ages, and cultures in a way that they could empower each other and motivate one another to achieve more with a support system! I am a believer in Jesus Christ and and a devout Christian, I am wearing the Hijab, a symbol of modesty and protection used by many women around the world, not as a sign of religion but as a symbol of support for all women around the world. The Hijab is not Anti American, or terroristic, sadly those are misconceptions from those who are lacking cultural awareness and understanding. Combat Sports should be an opportunity shared by all! Thank you," tulisnya di Facebook.

Video ini sudah ditonton lebih dari 51 ribu pengguna Facebook dan mendapat 1.800 likes hingga saat ini. Video juga menuai 178 komentar yang sebagian besar memberikan respon positif.

(ays/ays)