Ivan Gunawan Angkat Batik Hingga Tenun untuk Koleksi Jilbab Zoya

Avitia Nurmatari - wolipop Selasa, 29 Nov 2016 18:51 WIB
Foto: Avitia Nurmatari
Jakarta - Brand ambassador Zoya yang juga desainer fashion Ivan Gunawan, menyumbangkan idenya untuk menghadirkan koleksi kerudung baru di 2017. Karya Ivan untuk Zoya diberi tajuk Heritage Beauty, yang terinspirasi dari kekayaan budaya Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.

Untuk koleksi kali ini, desainer berusia 34 tahun itu mengusung batik, songket serta tenun. Bertempat di Pabrik Shafira Corporation, Jalan Rumah Sakit, Bandung, Selasa (29/11/2016), Ivan menampilkan 12 model kerudung hasil karyanya yang akan dipasarkan mulai April tahun depan.
Ivan Gunawan Angkat Batik Hingga Tenun untuk Koleksi Jilbab ZoyaFoto: Avitia Nurmatari
Ivan Gunawan Angkat Batik Hingga Tenun untuk Koleksi Jilbab ZoyaFoto: Avitia Nurmatari

Motif kombinasi antara bunga, batik, songket dan aneka tenun warna cerah tertuang indah dalam koleksi hijab Ivan Gunawan For Zoya. Ditemui usai pertunjukan, Ivan mengungkapkan bahwa sudah waktunya Indonesia mengangkat kembali kekayaan dan budaya yang beragam.

Menurutnya, warisan budaya Indonesia tidak kalah indah dibandingkan negara lain. "Tahun ini mengambil tema citra Indonesia. Kita ini punya keanekaragaman motif. Bagaimana kita mengaplikasikan sesuatu yang tradisional tapi dengan look masa kini," ucap Ivan.
Ivan Gunawan Angkat Batik Hingga Tenun untuk Koleksi Jilbab ZoyaFoto: Avitia Nurmatari

Satu kerudung besutan Ivan tidak hanya memiliki satu motif. Contohnya dalam satu kerudung Ivan menggabungkan motif megamendung dan bunga-bunga. Ivan pun berani memadukan aneka motif dan warna, dengan kombinasi yang harmonis sehingga tetap indah dan stylish.

Palet pastel menjadi pilihan Ivan untuk warna. Sementara sebagian besar ukuran jilbab dibuat lebih lebar untuk memberikan pilihan bagi musliah yang ingin tampil syar'i.

"Kain yang dipakai ini kain yang pernah saya pakai waktu koleksi pertama. Tapi dengan harga yang lebih murah. Sekarang kita jual Rp 159 ribu. Ukurannya lebih lebar, bisa menutup dada," terang Ivan.

Sementara Itu Founder Shafira Corporation Feny Mustafa mengatakan bahwa koleksi Hijab 'Heritage Beauty' ini diproduksi di Turki. Mengapa di Turki? Selain harga produksi lebih terjangkau, kualitasnya pun cukup tinggi

"Di kita belum bisa murah. Kualitas print dan warna juga beda. Ini juga pakai teknik printing 3D sehingga warnanya keluar," kata Feny.
Ivan Gunawan Angkat Batik Hingga Tenun untuk Koleksi Jilbab ZoyaFoto: Avitia Nurmatari
(avi/ays)
DRooftalk
×
Lebaran Dilarang Mudik
Lebaran Dilarang Mudik Selengkapnya