Tips Pilih Jilbab Saat Pakai Kebaya ke Kondangan

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 02 Sep 2016 18:41 WIB
Foto: Instagram @ingrid_kansil
Jakarta - Beberapa wanita memilih mengenakan kebaya modern untuk menghadiri pernikahan. Namun tak sedikit di antaranya yang memang diharuskan menggunakan kebaya karena dipilih pengantin sebagai bridesmaid. Saat pergi ke kondangan menggunakan kebaya, bagaimana gaya jilbab Anda? Ketika memilih jilbab untuk kondangan sebaiknya perhatikan empat hal berikut ini.

1. Tidak Pakai Paris
Sebaiknya tidak menggunakan kerudung paris saat ke pesta pernikahan. Paris atau kerudung segiempat berbahan katun tipis akan memberikan kesan kasual dan kurang cocok dipadukan dengan kebaya. Anda bisa memilih material lainnya seperti velvet, satin, silk, sesuaikan saja dengan kebaya. Anda bisa tambahkan sentuhan brokat agar seirama seperti kebaya yang dikenakan.

2. Perhatikan Model Kebaya
Bagaimana model kebaya Anda, apa yang memiliki sentuhan brokat atau kutu baru modern? Apa potongan dadanya pendek atau hingga leher? Sesuaikan kreasi hijab dengan potongan kebaya Anda. Bila memiliki detail payet di bagian depan maka bisa terapkan turban pesta agar ornamen tersebut tetap terekspos. Namun kalau Anda merasa kebaya terlalu ketat, coba pilih gaya jilbab yang dikreasikan panjang hingga dada untuk menutupi lekuknya.

3. Matching dengan Kebaya
Sebaiknya pilih warna jilbab yang matching dengan kebaya Anda agar tidak terkesan memaksa. Hindari menggunakan warna jilbab neon atau terlalu terang saat memakai kebaya karena kurang cocok dipadukan dengan pakaian tradisional tersebut. Jika tidak memiliki warna jilbab yang matching bisa pilih palet netral seperti hitam, krem, atau nude.

4. Kerudung Polos
Kebaya umumnya sudah memiliki detail rumit seperti taburan payet di atasnya. Ada pula kebaya yang polos tapi memiliki bordir di beberapa bagian sehingga sudah terkesan struktural. Hindari memadukan kebaya dengan jilbab bermotif karena bisa terlihat berlebihan. Lebih disarankan memakai kerudung polos yang membuat penampilan tampak semakin anggun dan sederhana. (ays/ays)