5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Pakai Kaftan di Hari Raya

Arina Yulistara - wolipop Senin, 04 Jul 2016 14:15 WIB
Foto: Mohammad Abduh/Wolipop
Jakarta - Kaftan menjadi salah satu item busana pilihan para hijabers muda untuk tampil cantik di Hari Raya. Kaftan sempat menjadi tren beberapa tahun lalu. Kini penggunaan kaftan sudah banyak digantikan dengan abaya atau gamis syar'i. Meski demikian, beberapa hijabers masih memilih kaftan sebagai busana Lebaran di 2016.

Ketika ingin menerapkan kaftan untuk merayakan Idul Fitri, ada hal-hal yang perlu diperhatikan. Berikut lima hal yang penting dipertimbangkan saat memadukan kaftan dan hijab Anda.

1. Material
Perhatikan material kaftan sebelum membelinya. Kaftan dengan bahan sifon kurang tepat dipakai ketika Hari Raya. Mengapa? Kaftan yang transparan perlu diakali dengan penggunaan manset panjang. Anda disarankan menggunakan manset yang panjang hingga mata kaki agar tidak terkesan membentuk tubuh bila hanya memadukan kaftan dengan atasan lengan panjang dan legging. Solusi lainnya, pilih kaftan yang bahannya tidak tembus pandang, seperti satin atau katun.

2. Detail
Perhatikan pula detail pada kaftan Anda. Umumnya kaftan ramai akan ornamen di bagian depannya. Seiring berjalannya waktu, model kaftan sudah lebih simpel. Kini kaftan yang sedang tren simpel dan memiliki sematan manik-manik atau bebatuan di beberapa area saja. Ketika kaftan sudah mempunyai detail sebaiknya tidak perlu menggunakan aksesori lagi seperti kalung atau headpiece di atas kerudung Anda.

3. Potongan
Potongan kaftan yang lurus dan 'oversized' tidak selalu cocok untuk beberapa bentuk tubuh. Jika Anda memiliki postur tubuh pendek, kaftan panjang model gamis akan membuat Anda terlihat semakin kecil. Atau jika Anda memiliki bentuk tubuh yang gemuk dan payudara besar, detail kaftan yang ramai pada bagian dada akan membuat dada Anda terlihat makin penuh dan jadi sorotan. Untuk Anda yang bertubuh mungil, mengenakan sepatu hak tinggi bisa jadi pilihan ketika mengenakan kaftan.

4. Tidak Satu Warna dengan Kerudung dan Dalamannya
Hindari menggunakan manset dan kerudung yang satu warna dengan kaftan Anda karena akan terlihat monoton. Potongan kaftan yang khas pada bagian lengan pun akan menyatu seperti menggunakan gamis. Lebih baik pilih warna jilbab yang senada dengan bordiran atau hiasan batuan dan manik-maniknya.

5. Pilih Warna Cerah
Pilih kaftan yang berwarna cerah saat Hari Raya. Ketika kaftan Anda berwarna hitam, hindari memilih jilbab warna hitam pula karena bisa terkesan seperti akan pemakaman. Lebih aman bila Anda memilih warna yang cerah seperti pastel, putih, atau earthy tone. Menurut Opi Bachtiar menambahkan, warna putih yang masih menjadi favorit karena tidak hanya melambangkan kesucian tapi juga lebih menyerap keringat.

"Putih masih jadi dominan pasti karena inginnya pure saat Lebaran. Putih juga lebih adem, menyerap keringat. Warna-warna bright juga bagus dipakai Lebaran nanti kayak grey, blue," tambah Opi sebelum menutup perbincangan. (ays/ays)