Mudik dengan Mobil? Wanita Berhijab Perlu Pertimbangkan 5 Hal Ini

Arina Yulistara - wolipop Senin, 04 Jul 2016 09:50 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Mudik menjadi tradisi masyarakat muslim Indonesia yang rutin dilakukan setiap Lebaran. Beberapa orang memilih naik pesawat dan kereta agar cepat sampai. Namun banyak pula yang memilih melakukan perjalanan menggunakan mobil pribadi. Bagaimana dengan Anda?

Untuk wanita berhijab yang pergi mudik menggunakan mobil perlu memperhatikan lima hal ini. Cara mengikat rambut hingga sediakan kerudung ganti perlu dilakukan demi kenyamanan Anda selama dalam perjalanan pulang ke kampung halaman. Berikut lima hal yang dimaksud.

1. Jilbab yang Praktis
Pilih kreasi jilbab yang praktis dan tidak merepotkan. Jilbab instan lebih nyaman dan praktis digunakan terutama saat akan melakukan perjalanan jauh. Maka dari itu, sebaiknya sediakan jilbab instan yang nyaman untuk dipakai selama mudik Lebaran. Kini banyak produsen jilbab instan yang memberikan variasi model terbaru untuk tampil lebih modern.

2. Cara Mengikat Rambut
Cara mengikat rambut Anda juga bisa mempengaruhi kenyamanan selama mudik. Beberapa wanita tanpa sadar sering mengikat rambut terlalu kencang sehingga menyebabkan sakit kepala dan rasa kurang nyaman. Penting memperhatikan hal ini sebelum melakukan perjalanan jauh.

Hindari menggunakan ikatan berbentuk cepol atau yang berukuran besar karena dapat membuat kepala lebih terasa berat serta mengganjal. Cukup ikatan kecil dan buat lilitan sedikit longgar. Anda juga bisa mengepang rambut agar tidak mudah berantakan. Cara ini juga membuat Anda lebih rileks saat bersandar di dalam mobil. Tidak hanya itu, rambut menjadi tidak mudah kusut karena terlilit dengan rapi. Bentuk kepang juga dapat menghasilkan efek rambut indah bergelombang setelah diterapkan dalam waktu yang lama.

3. Tidak Pakai Ciput
Bagi beberapa wanita, ciput atau dalaman kerudung membuat kepala mudah gerah dan berkeringat. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memakai jilbab instan karena tidak perlu lagi memakai ciput. Bila ingin mengkreasikan scarf bisa juga tidak menggunakan ciput dengan material yang nyaman seperti katun. Jika Anda tidak terbiasa tanpa ciput bisa tetap menggunakannya asalkan bahannya yang menyerap keringat supaya rambut tak mudah lepek.

4. Sediakan Jilbab Cadangan
Bagi wanita yang mudah berkeringat walaupun di dalam mobil sangat dianjurkan membawa jilbab cadangan untuk kenyamanan Anda. Jilbab cadangan penting terutama bagi Anda yang melakukan perjalanan hingga lebih dari sepuluh jam. Anda bisa mengganti jilbab ketika berhenti di rest area agar rambut dan kepala merasa lebih segar. Tidak hanya itu, kerudung yang baru dapat menjadi alternatif ketika scarf yang dipakai kotor terkena noda makanan atau minuman.

5. Cuci Rambut
Mengapa perlu mencuci rambut sebelum berangkat? Ketika Anda sudah mencuci rambut maka kepala akan terasa lebih segar dan ringan. Berbeda ketika mudik dengan rambut dalam keadaan berminyak yang bisa membuat Anda kurang nyaman. Rasa gatal atau gerah akan mengganggu perjalanan Anda. Oleh karena itu, mencuci rambut terlebih dahulu menggunakan shampoo dan kondisioner sebelum berangkat mudik. Tidak lupa mengeringkannya terlebih dahulu sebelum memakai jilbab. Bila Anda takut tidak sempat mencuci rambut, tak ada salahnya pergi ke salon untuk melakukan creambath atau masker dua hari sebelumnya. (ays/ays)