Tren Busana Lebaran

Kaftan Brokat, Busana Lebaran yang Banyak Ditemui di Thamrin City

Intan Kemala Sari - wolipop Jumat, 17 Jun 2016 09:49 WIB
Foto: Intan Kemala Sari/Wolipop
Jakarta - Busana Syar'i yang terdiri dari gamis panjang dan hijab panjang menutup dada rupanya masih digemari para wanita muslimah. Hal itu terbukti dari banyaknya penjual busana syar'i di Tanah Abang dan Thamrin City saat Wolipop menyambanginya pada Selasa (14/6/2016).

Tidak hanya gamis syar'i, kaftan pun kembali dilirik para wanita sebagai busana Lebaran mereka saat bersilaturahmi dengan keluarga. Model dan warnanya yang beragam membuat kaftan diminati dari tahun ke tahun.

Jika pada umumnya kaftan yang banyak dijual di pasaran terbuat dari material ringan yang melambai seperti sifon, satin, atau katun, berbeda dengan kaftan yang mulai banyak terlihat di Thamrin City lantai dasar ini. Kaftan tersebut terbuat dari brokat, yakni material yang digunakan untuk membuat kebaya.


Kaftan brokat tersebut dihiasi dengan manik-manik di bagian kerah dan bebatuan besar di bagian dadanya. Modelnya mengerut dan berlipit di bagian tengah serta memiliki lengan pendek. Karena bahannya yang menerawang, kaftan tersebut juga dilengkapi dengan dress panjang tanpa lengan yang berfungsi sebagai dalaman.

Baca Juga: 50 Inspirasi Busana Muslim untuk Lebaran

Wolipop pun berbincang dengan salah satu penjual bernama Astini. Ia mengatakan jika kaftan berbahan brokat ini belum lama dijualnya sebagai variasi baru dari kaftan-kaftan yang lebih dulu dijualnya. "Banyak yang cari terutama ibu-ibu, mau seragaman sama anaknya katanya," tutur Astini.

Karena terbuat dari material brokat, kaftan tersebut terasa agak berat saat dikenakan. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 500 ribu untuk satu set kaftan dan dress panjang, sedangkan harga kaftannya saja Rp 400 ribu dan belum ditawar.

Model busana lainnya yang juga terbuat dari bahan brokat adalah outer panjang dengan potongan lengan lebar. D bagian tengahnya terdapat batu-batuan kecil yang berfungsi sebagai pemanis. Outer ini pun memiliki banyak warna mulai dari biru, pink, hijau, hingga kombinasi warna pastel dan keemasan. Harga jualnya mulai dari Rp 600 ribu untuk outer dengan dalaman tanpa lengan dan Rp 500 ribu untuk outernya saja.


Sedangkan kaftan lain berbahan sifon masih sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Dengan memusatkan detail di bagian leher, kaftan tersebut dihiasi manik-manik serta bebatuan yang menarik atensi. Umumnya kaftan yang dijual di Thamrin City didominasi oleh warna-warna polos, namun ada juga kaftan yang dipenuhi dengan motif bunga-bunga serta tambahan payet-payet yan membuat kaftan terlihat lebih mewah. Untuk kaftan berbahan sifon dijual dengan harga yang cukup bervariasi mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 500 ribu.

(itn/itn)