Sunsilk Hijab Hunt 2016

Mengenal Denta Haritsa, Calon Dokter Juara 1 Sunsilk Hijab Hunt 2016

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 14 Jun 2016 15:36 WIB
Foto: Intan Kemala
Jakarta - Denta Haritsa Apriliana kini sedang hangat diperbincangkan setelah menjadi Juara 1 Sunsilk Hijab Hunt 2016. Denta berhasil memenangkan ajang pencarian ikon muslimah berbakat tersebut dengan bakatnya menyanyi keroncong. Di balik aksi panggungnya yang begitu percaya diri ketika malam grand final Sunsilk Hijab Hunt 2016, hijabers muda berusia 21 tahun itu merupakan sosok yang kalem dan serius.

Ya, Denta mengaku tipe wanita yang pendiam dan pendengar. Selain menyanyi, dalam kesehariannya ia lebih senang membaca buku. Meski pendiam bukan berarti Denta tidak pernah berprestasi di bidang seni, ia beberapakali menjadi juara menyanyi.

Denta pernah menjadi Juara 2 Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional di Yogyakarta ketika SMP. Ia juga pernah dua kali menjadi Juara 1 Bintang Radio Indonesia di 2012 dan 2013 serta terpilih sebagai Bintang Vokalis Gambus Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat di 2012. Denta pun menjadi bagian dari alumni Gita Bahana Nusantara 2013 perwakilan dari NTB.

Ketika berbincang dengan Wolipop, Denta bercerita kalau ia sudah senang menyanyi sejak masih kecil. Bahkan mengikuti les private untuk melatih vokalnya sejak kelas 1 SD hingga SMA. Tak heran bila potensi suaranya berkembang tidak hanya untuk genre pop tapi juga sopran.

Setelah bisa mengusai suara sopran, Denta tertarik belajar musik keroncong. Awal ketertarikannya terhadap keroncong karena sering ikut berbagai perlombaan menyanyi. Kemudian ia bertemu dengan komunitas penyanyi keroncong NTB, Orkes Keroncong Bintang Mataram.



Rasa penasaran Denta menyelimuti dirinya kala itu. Denta mencoba untuk datang ketika para anggota Orkes Keroncong Bintang Mataram sedang latihan menyanyi. Meski ragu di awal karena anggotanya semua sudah tua, Denta tetap mencoba meyakinkan diri bahwa keroncong musik yang asyik.

Ternyata benar, ia pun ketagihan menyanyi keroncong. "Waktu itu aku umurnya baru 17 tahun sedangkan di komunitas itu sudah sepuh semua, rambutnya sudah putih-putih. Tapi aku penasaran bagaimana sih menyanyi keroncong, akhirnya aku coba datang satu kali, dua kali, lihat mereka latihan ternyata kok asyik ya jadi suka sampai sekarang," cerita Denta kepada Wolipop di Aston Rasuna Jakarta, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (13/6/2016).

Keroncong berhasil membuat Denta terpilih sebagai Juara 1 Sunsilk Hijab Hunt 2016. Lalu apakah ke depannya Denta akan berkarier sebagai penyanyi? Wanita kelahiran 13 April 1995 itu mengatakan tidak karena ia tetap ingin menjadi seorang dokter.

Denta kini memang sedang mengenyam pendidikan di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Al-Azhar Mataram, NTB. Mahasiswi semester enam tersebut berencana ingin tetap berkarier sebagai dokter tapi sekaligus penyanyi. Ia bercita-cita ingin seperti penyanyi Tompi yang merupakan seorang dokter tapi tetap eksis sebagai penyanyi profesional.

"Inspirasi banget itu dokter Tompi, dia bisa jadi dokter tapi juga terkenal sebagai penyanyi. Kalau disuruh pilih antara dokter atau penyanyi, saya tetap pilih jadi dokter karena impian saya ingin buka klinik kecantikan," kata wanita yang memiliki saudari kembar bernama Denia itu.

Terkait impiannya membuka klinik kecantikan, Denta berharap bisa menjadi dokter kecantikan nantinya. Sedangkan untuk menyanyi masih menjadi hobi hingga saat ini. Meski demikian, ia selalu menjaga kualitas suaranya dengan berlatih setiap pagi setelah bangun tidur. Ia pun berusaha menyalurkan bakatnya menyanyi dengan melatih anak-anak di sekitar tempat tinggalnya.

"Karena pernah beberapakali menang lomba-lomba menyanyi, banyak anak-anak dari TK sampai SMA berlatih menyanyi sama saya terutama kalau mereka mau ikut lomba. Setiap bulan pasti ada, nggak ada 'nilainya' sih yang saya dapat hanya kebahagiaan saya karena saya suka anak kecil dan berbagi pengalaman," tambahnya sebelum mengakhiri pembicaraan.
(aln/eny)