Sunsilk Hijab Hunt 2016

Hari ke-8 Karantina, Finalis Sunsilk Hijab Hunt 2016 Belajar Jadi Blogger

Arina Yulistara - wolipop Senin, 30 Mei 2016 14:06 WIB
Foto: Arina Yulistara Foto: Arina Yulistara

Jakarta - Menulis blog kini bukan hanya menjadi salah satu cara mengekspresikan diri tapi juga bisa meraup keuntungan. Beberapa wanita bahkan bisa mendapatkan penghasilan yang besar dari menulis blog.

Pengetahuan tentang menulis blog dan bagaimana membuat blog jadi sumber penghasilan ini pun diberikan kepada para finalis Sunsilk Hijab Hunt 2016. Pada hari kedelapan karantina, Senin (30/5/2016), 15 finalis belajar bagaimana menjadi blogger.

Salah satu blogger dari komunitas Blogdetik, Erry Andriyati, berbagi pengalamannya menjadi penulis blog. Erry berhasil mendapatkan beberapa hadiah dari menulis blog seperti handphone, gadget, hingga sejumlah uang. Tak hanya itu, Erry juga pernah memenangkan kontes blog dengan hadiah liburan ke Korea bersama para blogger dari berbagai negara.



Ibu dua anak itu kemudian berbagi tips menjadi seorang blogger dengan 15 finalis ajang pencarian hijabers berbakat tersebut. Erry menekankan untuk mulai menulis sejak dini. Tidak harus membahas konten yang terlalu berat tapi bisa dimulai dengan cerita kegiatan sehari-hari dahulu.

"Aku dulu mulai nge-blog setelah melahirkan anak kedua. Aku kena sindrom baby blues, jadi aku curhat melalui blog. Seiring berjalannya waktu, aku mulai ketemu sama teman-teman sesama blogger dan memperbaiki diri, tulisan juga semakin berkualitas," ujar Erry saat berbincang di Hotel Aston Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (30/5).



Setelah mulai menjadi blogger, lantas jangan hanya sekali menulis saja lalu ditinggalkan. Menjadi blogger haruslah konsisten dalam menulis.

Beberapa finalis Sunsilk Hijab Hunt 2016 pun merasa penasaran dengan aktivitas menjadi blogger. Mereka bertanya, bila mood sedang tidak baik apa yang harus dilakukan agar bisa konsisten menulis?

Wanita asal Bandung itu menyarankan untuk melakukan hal-hal yang membuat diri sendiri merasa senang. "Lakukan kegiatan yang menyenangkan, kalau aku menonton drama Korea. Tinggalkan dulu sejenak menulis blog nggak apa-apa, bangun mood-nya dulu nanti juga kangen ingin menulis lagi terutama kalau dapat inspirasi dari kegiatan itu," saran Erry.



Begitu pula ketika kehabisan ide. Cari hal-hal yang menyenangkan untuk dilakukan agar bisa mendapatkan inspirasi baru. Namun menurut Erry, ide itu bisa datang dari mana saja bahkan ketika sedang mandi. Catat setiap ide yang datang untuk menumbuhkan banyak hal baru ketika menulis blog.

"Catat di mana saja kalau punya inspirasi. Nggak perlu langsung ditulis di laptop tapi bisa di handphone atau catatan kecil, rangkanya saja dulu, nanti kalau ada waktu baru dikembangkan," ujarnya.


(aln/eny)