Hijab atau Jilbab? Perbedaan 7 Jenis Pakaian Muslim Berdasarkan Negaranya

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 04 Mei 2016 15:12 WIB
Foto: Ist.
Jakarta - Banyak wanita muslim yang belum mengerti perbedaan antara jilbab dan hijab. Tak hanya itu, beberapa muslimah juga belum mengenal jenis-jenis penutup kepala yang biasa dipakai seluruh hijabers di dunia.

Setiap negara juga mempunyai 'pengertian' masing-masing dengan jenis-jenis pakaian muslim. Misalnya saja di Indonesia, jilbab berarti penutup kepala yang biasa dipakai muslimah untuk menutup rambut mereka. Tidak demikian di Afrika Utara, jilbab di negara tersebut berarti long dress. Bagaimana di negara lainnya? Berikut tujuh perbedaan pakaian muslim berdasarkan negaranya seperti dikutip dari New York Times.

1. Abaya
Pengertian abaya hampir di seluruh negara sama yakni pakaian longgar atau jubah panjang yang menutup seluruh tubuh. Warna abaya umumnya adalah hitam. Namun beberapa negara salah satunya Indonesia sudah merilis abaya dalam berbagai macam warna. Abaya berwarna hitam biasa dipakai oleh wanita Arab Saudi hingga sebagian muslimah di Afrika Utara.

2. Burqa
Penyebutan burqa juga masih sering tertukar dengan niqab. Burqa merupakan jenis penutup kepala untuk muslimah yang menutup seluruh wajah termasuk mata. Namun di bagian mata ditutup oleh kawat kasa agar tetap bisa melihat ketika beraktivitas. Burqa memiliki potongan terusan dari kepala hingga kaki. Masih jarang muslimah di dunia yang mengenakan burqa kecuali di beberapa negara tertentu seperti Afghanistan. Wanita yang tinggal di Kabul, Afghanistan, lebih sering mengenakan burqa warna biru sementara kota lainnya dari Afghanistan serta Pakistan lebih memilih warna cokelat, hijau, serta putih.

3. Chador
Chador bentuknya seperti jubah yang menutup dari kepala hingga seluruh tubuh namun tidak pada bagian wajah. Biasanya penerapan chador dilengkapi ciput atau mini jilbab instan di dalamnya. Chador banyak dikenakan oleh wanita Iran ketika berpergian. Jarang wanita dari negara lain yang memakai jenis selendang ini untuk berpergian.

4. Hijab
Di Indonesia serta banyak negara bagian Barat, hijab mengandung arti penampilan muslimah secara keseluruhan mulai dari jilbab hingga busana yang tertutup. Gaya hijab setiap negara bervariasi dan kini semakin modis seiring berkembangnya fashion muslim di seluruh dunia.

5. Jilbab
Jilbab merupakan penutup kepala wanita muslim. Beragam jenis jilbab diciptakan di Indonesia untuk membuat penampilan muslimah semakin modern. Berbeda dengan hijab yang merupakan tampilan secara keseluruhan seorang muslimah sedangkan jilbab hanya bersifat sebagai penutup kepala. Namun di Afrika Utara serta Arab, jilbab berarti long dress atau tunik.

6. Khimar
Khimar merupakan salah satu jenis jilbab yang potongannya panjang dan leba menutup hingga pergelangan tangan. Di Indonesia, khimar ini biasa dipakai muslimah untuk berpenampilan syar'i. Namun di beberapa negara mengartikan khimar sama saja dengan scarf, jilbab, atau selendang.

7. Niqab
Niqab merupakan jenis penutup kepala muslimah yang dilengkapi dengan cadar. Selain menutup kepala hingga dada, cadar akan menutup bagian wajah kecuali mata. Panjang niqab juga mencapai bokong tidak hanya sampai dada. Umumnya niqab dipadukan dengan abaya dan dikenakan oleh wanita Arab. Meski demikian, beberapa wanita di Asia Selatan maupun Afrika Utara juga ada yang menggunakan penutup kepala ini ketika beraktivitas termasuk di Indonesia.

(ays/ays)