Jilbab Halal

Kerudung Zoya Halal, Ini Pendapat Desainer Busana Muslim

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 03 Feb 2016 16:17 WIB
Foto: Instagram Zoya Foto: Instagram Zoya
Jakarta - Zoya mengumumkan bahwa produk kerudungnya telah mengantongi sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Lewat postingan foto di Instagram, brand busana muslim di bawah naungan PT Shafco tersebut menulis, "Alhamdulillah Zoya mendapatkan sertifikat dari MUI sebagai kerudung halal pertama di Indonesia."

Sebagai negara dengan mayoritas masyarakat beragama Islam, terminologi 'jilbab halal' yang kemudian muncul tak ayal mendapat perhatian khusus terutama bagi wanita muslimah yang mengenakan jilbab. Desainer busana muslim Hannie Hananto berpendapat bahwa sertifikasi halal di berbagai lini kehidupan memang sebaiknya diperlukan, termasuk dalam berbusana.

"Semua yang bersertifikat halal sekarang menurut saya penting," ujar Hannie, saat dihubungi Wolipop lewat telepon, Rabu (3/2/2016).

Bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), desainer yang tergabung dalam Indonesia Fashion Chamber ini pun sedang merumuskan apa yang sebaiknya dilakukan para desainer busana muslim. Hannie meyakini penting untuk mengkampanyekan kehalalan suatu produk, terutama untuk busana muslim.

"Saya bersama forum Bekraf tujuannya menetapkan Indonesia sebagai pusat busana muslim dunia, semua hal yang kita lakukan dan berhubungan dengan busana muslim nanti akan ada halal awareness," kata Hannie.

Soal klaim Zoya yang menyatakan bahwa produk kerudungnya halal, Hannie mengatakan bahwa di luar strategi marketing untuk meningkatkan pemasaran, memastikan bahwa produk yang kita gunakan sudah sesuai syariat Islam merupakan hal baik. Jadi hal itu sah-sah saja dilakukan.

"Saya sih balik lagi kalau kerudung itu bagus ada halal awareness tapi kalau Zoya oke itu strategi marketing mereka," tuturnya. (hst/hst)