Zaskia Mecca Mengisi Diri dengan Kebaikan Melalui Umrah

Alissa Safiera - wolipop Kamis, 10 Des 2015 14:31 WIB
Foto: M. Abduh/Wolipop
Jakarta - Umrah lebih dari sekadar perjalanan bagi banyak orang, melainkan pengalaman spiritual yang tak terlupakan. Begitupun bagi aktris Zaskia Mecca yang merasa perjalanan umrahnya adalah berkah dari keputusannya untuk berhijab.

Bintang film Kiamat Sudah Dekat itu sudah empat kali pergi umrah, dan semua perjalanannya memiliki cerita menarik tersendiri. Namun satu yang sulit dilupakannya adalah pengalaman pertamanya saat umrah. Waktu itu, Zaskia baru memutuskan untuk menutup penampilannya dengan hijab.

"Benar yang Allah bilang, 'Satu langkah engkau kepadaku, 1000 langkah aku berjalan kepadamu.' Dulu itu aku nggak kebayang bisa umroh. Dan kebetulan aku baru pakai hijab dan dikasih surprise free umroh sama semua crew film dan bintang lima semua," ungkap Zaskia saat berbincang dengan Wolipop, Kamis (10/12/2105).

Pengalaman pertama Zaskia melihat Kabah membuatnya menangis dan tergetar saat itu. Kesempatan tersebut membuat ibu dua anak ini semakin ingin memperdalam ilmu agama dan selalu berharap bisa kembali ke Tanah Suci.

Perjalanan umrah lainnya ia jalani di tahun 2009. Lagi-lagi perjalanan spiritual itu meninggalkan kesan yang mendalam. Tahun itu, Zaskia tak sengaja bertemu dengan Hanung Bramantyo, suaminya saat ini. Meski tak memakai agen perjalanan yang sama, namun keduanya bisa tawaf bersama hingga akhirnya semakin dekat saat kembali ke Tanah Air.

Zaskia kembali ke Tanah Suci awal 2015 kemarin. Kali ini ia membawa dua buah hatinya bersama pria yang telah jadi suaminya, Hanung Bramantyo. Kesempatan umrah kali ini dimanfaatkannya untuk mengajarkan kedua putrinya untuk mengenal agama islam sejak usia dini.

"Buat aku momen mengharukan mengenalkan kiblat sedini mungkin. Alhamdulillah mereka kooperatif ternyata mereka nggak cranky. Rasa capek, rasa berat itu hilang karena rasa excited,” tuturnya.

Pengalaman-pengalaman itu membuat ia ingin kembali melakukan umrah. Ditambahkan olehnya, manusia diibaratkannya seperti gadget yang perlu diisi dengan baterai. Sedangkan manusia diisi dari sisi spiritualnya. Perjalanan umrah pun adalah tempat baginya untuk selalu mengisi diri dengan kebaikan.

Apa yang dikatakan Zaskia ini senada dengan pendapat dari Direktur utama BNI Syariah Dinno Indiano bahwa umrah memang bisa membuat seseorang menjadi lebih baik. "Umrah itu bisa menjadi suatu yang 'berbuah' asalkan benar 'memupuknya'," tutur Dinno saat berbincang dengan Wolipop belum lama ini.

(als/eny)