Dian Pelangi: Umrah Bisa Ubah Seseorang Menjadi Lebih Baik Jika...

Arina Yulistara - wolipop Selasa, 01 Des 2015 10:15 WIB
Foto: Moza Wahyu/Wolipop
Jakarta -

Banyak muslimah yang tertarik melakukan perjalanan umrah untuk meningkatkan iman mereka. Beberapa di antaranya juga melatih diri mereka sebelum menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci. Namun tidak sedikit pula yang ingin pergi umrah hanya karena sekadar ikut orangtua, teman, atau dengan tujuan jalan-jalan.

Menurut desainer busana muslim sekaligus ikon hijabers Indonesia, Dian Pelangi, penting memperhatikan beberapa hal sebelum pergi menjalankan ibadah yang sering disebut haji kecil itu. Hal-hal apa yang dimaksud?

Desainer 24 tahun yang sering menjadi pembicara dalam acara muslimah di berbagai negara itu mengatakan salah satu hal penting yang harus diutamakan adalah niat. Dian merasa perlu meluruskan niat orang untuk umrah.

Banyak orang yang kini ingin pergi umrah dengan tujuan jalan-jalan atau ikut-ikutan saja. Ini yang perlu diluruskan menurut Dian. Umrah bisa mengubah seseorang menjadi lebih baik jika niatnya benar-benar ibadah bukan jalan-jalan.

"Umrah bisa membuat seseorang menjadi lebih baik jika niatnya memang 100% ibadah. Kalau orang mikirnya ah sekalian umrah plus jalan-jalan sebenarnya nggak apa-apa tapi tetap niat utamanya ibadah. Misalnya setelah 10 hari umrah terus mau lanjut ke Turki niatnya belajar sejarah Islam ya nggak apa-apa, jalan-jalan sekalian tambah amal ibadah. Jangan umrah terus mikir mau belanja apa, style-nya gimana, pure tujuannya memang ibadah," jelas Dian saat dihubungi Wolipop beberapa waktu lalu.

Menambahkan pernyataan Dian, Direktur utama BNI Syariah Dinno Indiano menuturkan bahwa perjalanan spiritual seperti umrah kini banyak dimanfaatkan sebagai pelengkap dari gaya hidup demi mengikuti tren yang sedang berkembang. Padahal seharusnya bisa jauh dari itu dan lebih bermanfaat untuk diri sendiri.

"Umrah itu bukan seperti haji, sayang kalau berangkat ke Tanah Suci tapi tidak ada hasilnya. Umrah bisa menjadi suatu yang 'berbuah' asalkan benar 'memupuknya'," tutur Dinno saat ditemui Wolipop beberapa waktu lalu di acara Kajian Hasanah BNI Syariah di Tempo Pavilion 1, Jakarta Selatan.

Oleh sebab itu, niat umrah perlu dibenahi seperti kata Dian. Wanita yang sudah melakukan perjalanan umrah selama empat kali itu juga memberikan saran agar Anda bisa memanfaatkan waktu secara maksimal selama di Tanah Suci. Habiskan waktu untuk berserah diri kepada Allah dan perbanyak melakukan ibadah sunah yang mungkin jarang dilakukan di Indonesia.

"Bagaimana cara kita memaksimalkan waktu sebanyak-banyaknya buat ibadah di sana. Cari pahala sebanyak-banyaknya," tambah wanita lulusan sekolah mode ESMOD Jakarta itu.

Dian menilai, umrah yang niatnya murni ibadah tentu bisa membuat seseorang menjadi lebih baik. Namun tidak selalu terlihat mencolok karena keimanan seseorang menurutnya tidak bisa dinilai secara kasat mata.

Putri pasangan Djamaloedin Sindon dan Hernani Mansyur ini juga melihat banyak orang-orang di sekitarnya yang setelah pergi umrah, ibadahnya menjadi lebih rajin. Bahkan beberapa temannya memutuskan untuk konsisten berhijab setelah pergi umrah.

"Umrah kayak me-recharge iman kita, misalnya kita merasa iman kurang berkualitas, salatnya masih bolong, setelah umrah jadi biar bisa lebih baik lagi ibadahnya. Banyak orang juga memanfaatkan momen setelah umrah untuk membuat dirinya lebih baik misalnya dengan berhijab. Teman-teman aku banyak yang bilang semakin mantab berhijab setelah umrah," tandas Dian.

(aln/aln)