ADVERTISEMENT

Arisan Hijabers

Arisan Hijabers, Sekali Kocok Bisa Dapat Hingga Rp 55 Juta

Arina Yulistara - wolipop Jumat, 12 Jun 2015 17:37 WIB
Dok. Instagram Novie Rock
Jakarta - Arisan dimanfaatkan wanita sebagai wadah untuk berkumpul bersama teman serta kerabat dekat. Para hijabers pun membuat arisan untuk bersilaturahmi dan menabung. Hal tersebut diungkapkan oleh beberapa muslimah yang mengikuti arisan.

Salah satu pencetus arisan hijabers dengan nama 'Alhamdulillah' dan '50', Indah Novianti atau yang lebih akrab disapa Novie Rock, mengatakan bahwa arisan dibuat memang untuk menyambung tali pertemanan antar sesama desainer serta muslimah yang masih satu lingkup profesi. Tak hanya itu, mereka juga memanfaatkan arisan sebagai sarana menabung.

Novie mengatakan ia memiliki dua arisan. Untuk yang 'Alhamdulillah' per bulannya hanya Rp 1 juta dan diikuti oleh 15 hijabers. Sekali kocok maka bisa mendapatkan Rp 15 juta. Namun arisan 'Alhamdulillah' nominalnya tidak terlalu besar sehingga uangnya pun lebih sering dipakai belanja atau membeli kepentingan pribadi lainnya.

Dinamakan 'Alhamdulillah' tidak ada arti khusus, memang lebih ke acara silaturahminya. Anggota arisan 'Alhamdulillah' tak hanya dari kalangan desainer namun juga selebriti berhijab seperti Zaskia Sungkar, Zaskia Adya Mecca, Tasya Nur Medina, hingga Nuri Maulida.

Baca Juga: 25 Pernikahan Keluarga Kerajaan Termegah di Dunia

Berbeda dengan arisan '50' yang diakui wanita berusia 30 tahun itu lebih besar nominal per bulannya yaitu Rp 5 juta. Tujuan arisan '50' memang untuk menabung walaupun tetap ada unsur silaturahminya. Diikuti oleh 11 hijabers yang seluruhnya merupakan desainer busana muslim muda seperti Rani Hatta, Noni Zakiah, Mimi Alisa, hingga Lulu Elhasbu, sekali kocok arisan bisa mendapatkan Rp 55 juta.

"Namanya arisan 50 karena dapatnya Rp 55 juta. Kalau arisan ini tujuannya lebih ke menabungnya karena dapatnya besar. Uangnya nanti bisa dipakai buat umrah juga, ya sebenarnya kepentingan masing-masing sih tapi niatnya menabung," pungkas Novie saat diwawancarai Wolipop melalui telepon, Kamis (11/6/2015).

Pemilik akun Instagram @novierock dengan followers lebih dari 77 ribu itu menambahkan, anggota arisan '50' dibuat hanya untuk teman-teman dekat saja karena jumlah uangnya cukup besar. Bila teman baru menurutnya masih ada keraguan apakah ia bisa dipercaya atau tidak. Oleh karena itu, anggotanya terbilang tidak banyak.

Arisan '50' sudah berlangsung sejak 2012 lalu dan kini telah memasuki putaran ketiga. Arisan biasa diadakan di salah satu rumah anggota namun lebih sering di mal agar lebih bebas dan santai. Hal serupa dikatakan oleh Antania Febrina selaku ketua komunitas sekaligus arisan Hijabers Surabaya (HS).

"Waktu itu sempat mau merencanakan bikin arisan dari rumah ke rumah, tetapi banyak yang repot jadi kita pilih di luar saja. Tempatnya juga lebih strategis dan nggak susah menemukannya," tutur Antania saat diwawancara Wolipop, Rabu, (10/6/2015).

Wanita yang akrab disapa Tania itu mengatakan nominal uang yang dikumpulkan untuk arisan terbilang kecil hanya Rp 100 ribu per bulan. Dengan anggota 17 orang maka sekali kocok arisan mendapatkan Rp 1,7 juta. Tujuan arisan ini dikatakan Tania sebenarnya bukan dilihat dari uang namun kumpul pengurus komunitas HS.

"Awalnya kan kita sering berkumpul dengan pengurus HS, tetapi belum kepikiran arisan. Karena sekarang sibuk masing-masing jadi kita adain arisan saja," ujarnya sebelum menutup perbincangan.

 (aln/aln)