Viral Foto Montir Berhijab Asal Nigeria, Ini Faktanya

Silmia Putri - wolipop Selasa, 30 Okt 2018 17:30 WIB
Montir berhijab ini ternyata seorang model. Foto: Twitter/AbdulGaniyuNafisat Montir berhijab ini ternyata seorang model. Foto: Twitter/AbdulGaniyuNafisat

Jakarta - Potret seorang wanita berhijab sedang memperbaiki mobil di bengkel viral di media sosial. Pekerjaan mekanik atau montir tidak lazim dilakukan wanita, apalagi wanita berhijab. Foto itu pun dengan mudah menyebar.

Sejumlah media memberitakan sosok wanita tersebut. Dalam foto itu, wanita berkulit hitam mengenakan baju montir berwarna biru dan berbentuk jumpsuit. Ia mengenakan hijab instan berwarna putih.



Pada berita yang tersebar, montir berhijab itu berasal dari Kano. Banyak yang memuji aksi sang montir karena dianggap gagah melakukan aktivitas pria dengan memakai hijab. Ia pun disebut 'Slay Queen'.

Viral Foto Montir Berhijab Asal Nigeria, Ini FaktanyaMonitr berhijab yang ternyata seorang model. Foto: Twitter/AbdulGaniyuNafisat


Namun, seorang model wanita berhijab asal Nigeria memberikan pernyataan bahwa dirinyalah yang berada dalam foto tersebut. Ia bukan seorang montir, tapi ia melakukan photoshoot sebagai seorang montir.



Nama sang model adalah Abdul Ganiyu Nafisat. Ia mengaku di kesehariannya ia memang berhijab. Nafisat juga merupakan CEO dari sebuah agensi model Feesah Oman yang berpusat di Nigeria.

"Nama saya Abdul Ganiyu Nafisat. Saya seorang model, penari, penyanyi, make up artist, dan Miss Kwara 2016, tapi bukan seorang mekanik otomotif. Saya pun tidak tinggal di Kano. Foto tersebut diambil untuk keperluan modeling," tulis Nafisat di akun Twitter-nya.

Ia kemudian meminta cuitannya di re-post banyak orang untuk mengonfirmasi pemberitaan di media yang salah menyebut profesinya. Di-repost banyak orang, popularitas Nafisat pun meningkat.
(sil/sil)