Dian Pelangi Masuk Daftar 500 Pelaku Fashion Paling Berpengaruh di Dunia

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 23 Sep 2015 12:40 WIB
Dok. Instagram Dian Pelangi Dok. Instagram Dian Pelangi

Jakarta -

Perkembangan fashion muslim semakin pesat, tak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Bahkan beberapa desainer terkemuka sebut saja duo desainer Dolce & Gabbana yang pernah merilis modest wear lewat koleksi Fall/Winter saat tampil di Milan pada 2014 lalu. Lihat pula rancangan BCBGMAXAZRIA di New York Fashion Week (NYFW) 2016 yang tampak longgar bisa dipakai untuk fashion hijab.

Di Indonesia, salah satu desainer busana muslim yang mempengaruhi perkembangan fashion hijab Tanah Air adalah Dian Pelangi. Wanita berusia 24 tahun itu berhasil menjadi ikon hijabers muda sejak 2010 lalu dan menginspirasi lewat gaya busananya.

Kepopuleran Dian tak hanya terdengar di Indonesia, lewat karya serta keaktifannya di industri fashion dan media sosial, wanita lulusan ESMOD Jakarta itu berhasil masuk ke dalam daftar 500 pelaku mode paling berpengaruh di dunia. Daftar tersebut dibuat oleh majalah Business of Fashion (BoF). Bof merupakan salah satu majalah fashion terkemuka di dunia yang berpusat di London, Inggris.

BoF menobatkan Dian sebagai desainer asal Indonesia yang mempengaruhi tren fashion muslim di dunia. Desainer berdarah Palembang itu menjadi satu-satunya pelaku mode Indonesia yang terpilih untuk edisi 2015.

Dalam situs resminya, BoF menyebutkan bahwa Dian memiliki pengaruh lewat media sosial dan tren busana muslim di dunia. "Dian Pelangi berpengaruh dalam dunia digital dan busana muslim secara global. Desainer Indonesia ini bisa mendorong busana muslim tradisional menjadi lebih modern," tulis BoF.

BoF juga mengatakan bahwa Dian menjadi ikon budaya pop yang memiliki ciri khas muda, ceria, dan eksentrik. Warna-warni palet busana yang dituangkan serta permainan motif menjadi andalan rancangan Dian. BoF pun mengatakan kesuksesan wanita yang awal 2015 kemarin telah pamer karya di New York Couture Fashion Week itu menjadi simbol dari perkembangan fashion muslim yang tumbuh pesat di Indonesia dan Malaysia.

Dian menjadi orang Indonesia kedua yang pernah masuk BoF. Di 2014 lalu, pelopor Jakarta Fashion Week, Svida Alisjahbana masuk ke dalam daftar tersebut. Yang semakin membanggakan, Dian juga dipilih sebagai salah satu ilustrasi dalam cover BoF.


(aln/aln)