ADVERTISEMENT

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Alami dan Cepat

Kholida Qothrunnada - wolipop Kamis, 16 Mar 2023 14:15 WIB
Contoh bopeng akibat bekas jerawat di pipi. Contoh bopeng di pipi wajah akibat bekas jerawat. Foto: Getty Images/Boy_Anupong
-

Bopeng adalah bekas luka cekung dalam yang disebabkan oleh bekas jerawat lama, cacar air, maupun infeksi kulit seperti staph.

Bopeng terkadang membuat seseorang kurang percaya diri dengan penampilannya. Tapi jangan khawatir, bopeng jerawat bisa hilang atau tersamarkan. Simak cara menghilangkan bopeng bekas jerawat di artikel berikut ini ya!

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat

Bopeng bekas jerawat tidak bisa hilang dengan sendirinya. Oleh karena itu, bagi kamu yang punya bopeng kalian wajib tahu cara menghilangkan atau menyamarkannya.

Dikutip dari Healthline, berikut adalah beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat.

1. Minyak Jintan Hitam (Black Seed Oil)

Salah satu cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami adalah dengan menggunakan minyak jintan hitam (Nigella satavia).

Pasalnya, jintan hitam termasuk tanaman obat yang memiliki sifat antivirus dan antibakteri.

Studi tahun 2015 bertajuk Dermatological Effects of Nigella sativa oleh Salih H.M. Aljabre, dkk, dari University of Dammam, Saudi Arabia, menemukan bahwa minyak jintan hitam bisa membantu menghilangkan pigmentasi dan bahkan bisa mencegah jerawat.

2. Madu

Pada dasarnya, bopeng bisa dihilangkan secara alami. Dalam hal ini, madu bisa dipakai sebagai obat untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami, karena bersifat antibakteri.

Mengoleskan madu di pipi secara langsung dipercaya bisa membantu menghilangkan bopeng, membersihkan luka, dan melawan infeksi yang dapat menyebabkan lebih banyak muncul.

3. Mengoleskan Lidah Buaya (Aloe vera)

Ngilangin bopeng juga bisa dengan lidah buaya. Lidah buaya bisa dioleskan ke bopeng bekas jerawat di pipi secara rutin. Cara alami ini bisa mengurangi luka ataupun peradangan.

4. Mengoleskan Minyak Biji Rosehip

Minyak biji rosehip (Rosehip oil) juga termasuk skincare untuk menghilangkan bopeng. Selain membantu menghilangkan bopeng bekas jerawat, minyak ini juga bisa digunakan untuk mengobati bekas luka.

Hasil penelitian aalam Journal of Cosmetics, Dermatological Sciences and Applications tahun 2015 oleh Pedro Valerón-Almazán, dkk mengungkapkan bahwa mengoleskan langsung minyak biji rosehip ke wajah dua kali sehari akan mengurangi bekas luka jerawat dan perubahan warna.

5. Memijat Wajah

Memijat wajah juga masuk dalam daftar cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami. Pasalnya, cara ini bisa menjadi pelengkap terapi bekas luka yang kamu gunakan.

Memijat wajah juga mampu untuk mengurangi peradangan, meningkatkan sirkulasi kulit, hingga pada gilirannya mungkin akan meningkatkan perbaikan pada tekstur dan warna kulit wajah.

Pijat wajah diklaim bisa melawan bopeng. Namun, belum banyak penelitian yang membahas tentang ini secara luas.

6. Menggunakan Krim OTC

Krim perawatan bekas luka OTC merupakan skincare untuk menghilangkan bopeng yang bisa dipakai.

Krim OTC sebagai obat muka bopeng akan bekerja untuk melembabkan kulit, menyamarkan tampilan bekas luka akibat jerawat, hingga meringankan rasa gatal/tak nyaman di kulit.

Adapun contoh krim skincare penghilang bopeng di antaranya:

  • Murad post-acne spot lightening gel
  • Proactiv advanced dark spot correcting serum
  • Mederma

Jadi, artinya serum juga bisa membantu untuk menyamarkan hingga menghilangkan bopeng.

7. Microdermabrasion

Mikrodermabrasi merupakan jenis perawatan pelapisan ulang untuk menghilangkan lapisan epidermis, yang terdiri dari bahan abrasif untuk mengangkat sel kulit.

Cara dan proses lebih baik dilakukan oleh spesialis perawatan kulit. Mikrodermabrasi juga biasanya tidak menimbulkan efek samping, namun cenderung akan bekerja lebih baik bila dilakukan secara teratur.

8. Terapi Induksi Kolagen (Microneedling)

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat yang sudah lama yaitu bisa dengan melakukan terapi induksi kolagen atau hanya tusuk jarum.

Microneedling adalah perawatan bertahap yang melibatkan jarum yang menusuk kulit pipi atau wajah bopeng.

Setelah luka bopeng sembuh, kulit kamu nantinya akan memproduksi lebih banyak kolagen untuk mengisinya secara alami (untuk mengurangi tampilannya).

Namun, efek samping microneedling itu termasuk memar, bengkak, dan infeksi.Untuk hasil maksimal, American Academy of Dermatology (AAD) merekomendasikan untuk melakukan perawatan lanjutan setiap 2-6 minggu. Di mana, kamu mungkin akan mulai melihat hasil yang signifikan dalam waktu 9 bulan.

9. Fillers

Melakukan fillers merupakan cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara cepat. Cara ini dilakukan untuk mengisi kulit dengan kolagen atau zat berbasis lemak untuk disuntikkan ke area yang bopeng.

Alih-alih menghilangkan bekas luka sepenuhnya, fillers bertujuan untuk mengisi kulit agar memperbaiki penampilannya.

Menurut AAD, hasil dapat bertahan mulai dari enam bulan hingga tanpa batas waktu, tergantung pada pengisi mana yang digunakan. Namun, filler juga membawa beberapa risiko seperti infeksi, iritasi kulit, atau reaksi alergi.

10. Laser Ablatif

Cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara cepat yaitu dengan melakukan pelapisan laser ablatif, yang bekerja untuk menghilangkan lapisan tipis kulit wajah.

Cara ini dianggap sebagai bentuk pelapisan ulang laser invasif yang memerlukan waktu pemulihan 1-2 minggu. Di mana, hasilnya cenderung bisa bertahan selama bertahun-tahun tanpa perawatan tambahan.

Untuk menghilangkan bopeng akibat bekas jerawat, spesialis kulit mungkin akan merekomendasikan perawatan luka jerawat fokal.

11. Punch Excision

Eksisi pukulan juga termasuk cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara cepat, karena alat yang digunakan dirancang lebih besar dari bekas luka yang dihilangkan.

Meskipun proses ini mampu membantu menghilangkan bopeng, namun cara ini akan meninggalkan bekas luka yang lebih ringan di permukaan wajah.

Cara memperbaiki penampilan kulit wajah dari bopeng bekas jerawat juga tergantung pada jenis kulit serta tingkat keparahan bekas luka tersebut.

Sebagai catatan, meskipun kamu mungkin tertarik untuk mencoba pilihan cara menghilangkan bopeng bekas jerawat tadi, sebaiknya sebelum mencoba menghilangkan bopeng kamu perlu bicarakan terlebih dahulu ke spesialis perawatan kulit.

Dalam hal ini, mendapatkan pemeriksaan kulit dari ahli atau spesialis kulit adalah langkah awal untuk menemukan perawatan yang tepat untuk menghilangkan bopeng dengan cepat. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!



Simak Video "KuTips: Mengolah Sampah Skincare"
[Gambas:Video 20detik]
(khq/inf)