ADVERTISEMENT

5 Tips Olahraga Saat Puasa

Hestianingsih - wolipop Minggu, 24 Apr 2022 03:30 WIB
Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Tidak sedikit orang yang enggan olahraga saat berpuasa karena takut tubuh jadi lemas dan kurang bertenaga. Padahal dari sisi medis, olahraga tetap dianjurkan untuk menjaga kesehatan.

Lebih dari itu, rutinitas olahraga penting dilakukan saat puasa, bagi kamu yang sedang menjalani program penurunan berat badan. Hanya saja intensitas dan frekuensinya tentu harus disesuaikan dengan kondisi tubuh.

Jika tidak memungkinkan olahraga berat, kamu bisa melakukan yang ringan seperti berjalan kaki sambil menunggu waktu berbuka. Olahraga jalan kaki asal dilakukan rutin juga bisa membantu menurunkan berat badan saat puasa.

Ini beberapa tips yang bisa dilakukan jika kamu ingin olahraga saat puasa.

1. Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih dalam jumlah cukup di waktu sahur dan berbuka. Menurut Sunny Salique, pelatih pribadi dan duta Bio-Synergy, minum air putih dapat membantu mengurangi risiko dehidrasi di siang hari - terutama jika kamu berencana untuk berolahraga inten. "Saya biasanya minum empat gelas besar air saat sahur untuk memastikan saya terhidrasi sepanjang hari," ujarnya.

2. Olahraga Meski Hanya Sebentar

Tips olahraga saat puasa berikutnya adalah lakukan aktivitas fisik meski hanya dalam waktu singkat, setidaknya 10 menit. Jika kamu tidak memiliki tenaga untuk berolahraga selama 45 menit, pertimbangkan aktivitas ringan apa pun yang kamu bisa lakukan.

"Lakukan peregangan, lakukan yoga, jalan-jalan - apa pun jenis gerakan yang ingin kamu lakukan, lakukan saja," kata pelatih olahraga di fitnessrebornuk1 Nazia Khatun seperti dikutip dari Independent.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3