8 Cara Menghilangkan Kutu Rambut dan Telurnya

Annissa Kamila - wolipop Senin, 05 Apr 2021 11:20 WIB
Portrait of a beautiful young woman examining her scalp and hair in front of the mirror, hair roots, color, grey hair, hair loss or dry scalp problem Cara menghilangkan kutu rambut. Foto: Getty Images/iStockphoto/triocean
Jakarta -

Kutu rambut adalah parasit kecil yang dapat mengganggu aktivitas karena bisa mengakibatkan rasa gatal pada kepala. Kutu rambut juga akan mengganggu penampilanmu dan bisa menimbulkan masalah kesehatan. Apabila dibiarkan kutu rambut bisa 'menular' ke orang-orang terdekat. Bagaimana cara menghilangkan kutu rambut?

Salah satu ciri rambut kamu berkutu adalah munculnya rasa gatal pada kepala. Karena rasa gatal pada kepala adalah reaksi yang ditimbulkan dari air liur dari kutu rambut. Dengan mengetahui kehadiran kutu rambut sejak dini dan mengobatinya secepatnya akan membantu kamu menghentikan masalah kutu rambut di akarnya.

Berikut delapan cara menghilangan kutu rambut:

1. Ketahui Cara Penyebaran Kutu Rambut

Kutu rambut dapat ditemukan di semua jenis rambut. Kutu rambut tidak dapat melompat dan tidak menyebar melalui hewan peliharaan. Salah satu cara penyebaran kutu rambut adalah melalui kontak fisik dengan kepala dengan orang yang terkena kutu rambut. Cara penyebaran lainnya, meski kemungkinannya kecil, bisa juga karena berbagi barang-barang pribadi yang menyentuh kepala secara langsung, seperti topi, handuk kepala, sisir, dan aksesori rambut.

Kutu rambut bertahan hidup dengan menghisap darah setiap 12 hingga 24 jam. Bahkan kutu dewasa dapat bertahan hidup hingga 30 hari di kepala seseorang. Jika tidak menghisap darah, kutu rambut dapat hidup sekitar 1-2 hari.

2. Ketahui Permasalahannya

Ketika kamu sudah mengetahui permasalahan yang menyebabkan kutu rambut, potong mata rantai penyebaran kutu rambut dengan menghindari berpelukan atau kontak dekat lainnya dengan orang yang memiliki kutu rambut. Periksa dan bersihkan kutu rambut dari kepala seluruh anggota keluarga. Selain itu bersihkan dan cuci semua barang-barang pribadi seperti topi, sarung bantal dan barang-barang yang bersentuhan langsung dengan rambut.

3. Memahami Siklus Hidup Kutu Rambut

Cara menghilangkan kutu rambut bisa dengan memahami siklus hidup hewan tersebut. Kutu rambut dapat ditemukan dalam bentuk sebagai berikut:

Telur kutu (nits) yang menempel erat di pangkal rambut atau kulit kepala. Kadang kala dapat terlihat seperti ketombe, namun kamu harus memeriksanya secara hati-hati. Biasanya telur kutu rambut berbentuk oval dan tidak rata. Kamu dapat menggunakan bantuan sisir kutu atau meminta bantuan orang lain untuk melihatnya.

Siklus hidupnya selanjutnya adalah telur akan menghasilkan nimfa yang berwarna putih keabu-abuan dan melewati tiga tahap sebelum menjadi kutu dewasa.

Kutu dewasa biasanyanya berwarna kecoklatan dan dapat bergerak lebih cepat di sepanjang kulit kepala. Oleh sebab itu biasanya rambutmu akan terasa lebih gatal.

4. Menghilangkan Inang Kutu Rambut

Kutu rambut akan terus berkembang biak dan membutuhkan inang di kepala manusia untuk bertahan hidup dengan menghisap darah. Cara menghilangan kutu rambut dari inangnya dengan memotong rambut. Dengan cara ini kamu akan merusak habitat dari kutu.

5. Cara Menghilangan Kutu Rambut dengan Obat

Hal umum yang dilakukan untuk menghilangan kutu rambut adalah dengan menggunakan obat perawatan rambut yang dijual secara bebas dan biasanya tersedia dalam bentuk shampo. Namun perlu diperhatikan tahapan pembasmian kutu dan tahapan perawatan rambut yang ditawarkan dari produk tersebut. Sebagian besar obat pembasmi kutu rambut yang ditawarkan hanya membunuh nimfa setelah menetas, dan tidak membasmi telur kutu.

6. Perhatikan Petunjuk Penggunaan Obat Kutu Rambut

Kamu perlu memperhatikan petunjuk penggunaan obat rambut pembasmi kutu yang digunakan. Sebagian besar orang gagal dalam penggunaan obat kutu rambut karena tidak memperhatikan petunjuk penggunaan dengan baik.

7. Jangan Hanya Membunuh Telur Kutu

Telur kutu rambut pada akhirnya akan menetas juga. Jika kamu menyisir rambut dan menemukan telur kutu, bisa jadi itu adalah bekas cangkangnya. Oleh karena itu, perawatan secara menyeluruh sangat berperan penting untuk menghilangkan kutu rambut.

8. Mencari Bantuan Profesional

Jika kamu melakukan cara menghilangkan kutu rambut dengan menggunakan obat pembasmi kutu yang dijual bebas namun tidak berhasil, maka kamu dapat meminta bantuan profesional untuk mengatasi permasalahan ini. Bisa jadi kutu yang ada sudah resisten terhadap produk yang kamugunakan, sehingga menghubungi dokter atau tenaga profesional adalah upaya yang baik.



Simak Video "Menengok Rumah Pecatur Irene Sukandar yang Luasnya 3 Ribu Meter"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)