5 Penyebab Bau Mulut di Pagi Hari dan Cara Mengatasinya

Hestianingsih - wolipop Minggu, 21 Feb 2021 10:00 WIB
beautiful young woman checking her breath Ilustrasi bau mulut. Foto: iStock
Jakarta -

Sering mengalami bau mulut di pagi hari saat bangun tidur? Bau mulut bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat kita ingin cepat-cepat sikat gigi.

Ada beberapa faktor penyebab bau mulut di pagi hari. Mulai dari kebiasaan tidur hingga makanan yang sering dikonsumsi.

Ini penyebab bau mulut di pagi hari dan cara mengatasinya.

1. Mulut Kering

Seperti dikutip dari Mayo Clinic, kondisi mulut yang kering bisa jadi penyebab bau mulut di pagi hari. Pada waktu normal, saliva atau air liur berfungsi membersihkan bakteri yang menyebabkan bau mulut.

Sementara saat tidur produksi saliva cenderung berkurang sehingga mulut jadi lebih kering. Itulah sebabnya kenapa kita sering kali merasakan haus setelah bangun tidur dan mulut jadi lebih bau dari biasanya.

Untuk mengatasinya, kamu bisa minum segelas air sebelum tidur, dan jangan lupa selalu sikat gigi setelah makan malam. Minum lagi segelas air putih di pagi hari agar membantu membasahi area mulut sehingga bau tak sedap bisa berkurang. Kumur-kumur setelah bangun tidur juga bisa membantu.

2. Kebiasaan Makan Makanan Tertentu

Beberapa jenis makan bisa memicu bau mulut dan bisa lebih menyengat pada pagi hari setelah bangun tidur. Makanan seperti bawang merah, bawang bombay atau bawang putih bisa jadi faktor penyebab bau mulut di pagi hari.

Jika ingin mencegah bau mulut saat bangun tidur, sebaiknya hindari mengonsumsi terlalu banyak bawang. Misalnya makan acar bawang atau bawang dalam keadaan mentah. Perbanyak minum air putih agar kandungan enzim yang mengeluarkan aroma khas bawang bisa terbawa keluar dari sistem pencernaan lewat urine.

3. Terlalu Sering Minum Kopi

Kebiasaan minum kopi juga bisa jadi penyebab bau mulut di pagi hari. Kopi menimbulkan efek kering pada mulut yang membuat tubuh memproduksi saliva lebih sedikit.

Terlebih lagi jika minum kopi dicampur susu, akan semakin memperparah bau mulut. Berbagai produk susu dan olahannya seperti krimer dan whipped cream juga memicu bau mulut.

4. Tidak Pernah Menyikat Lidah

Lidah sering kali terlewat dibersihkan saat menyikat gigi. Padahal permukaan lidah juga bisa menjadi sarang bakteri yang menimbulkan bau mulut.

Setiap kali menyikat gigi, jangan lupa menggosok juga bagian lidah dengan sikat yang lembut. Bisa juga menggunakan scraper lidah untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal.

5. Kondisi Kesehatan Bisa Jadi Penyebab Bau Mulut di Pagi Hari

Bau mulut di pagi hari juga bisa disebabkan oleh gangguan kesehatan. Kondisi kesehatan tertentu seperti asam lambung dan maag cenderung membuat napas seseorang bau, terutama ketika dalam keadaan perut kosong, seperti saat bangun tidur.

(hst/hst)