10 Cara Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Lukita Wardani - wolipop Rabu, 20 Jan 2021 05:30 WIB
Young beautiful blonde sporty woman on diet holding weight machine over pink background stressed with hand on head, shocked with shame and surprise face, angry and frustrated. Fear and upset for mistake. Ilustrasi cara diet sehat. Foto: Getty Images/iStockphoto/AaronAmat
Jakarta -

Banyak cara diet yang menjanjikan berat badan turun dalam waktu singkat. Tapi seperti apa cara diet yang benar-benar sehat?

Cara diet sehat pada prinsipnya harus bisa diterapkan sebagai pola makan jangka panjang. Aman dijalankan dalam waktu lama dan sehat bagi tubuh.

Intinya, cara diet sehat adalah bagaimana menerapkan gaya hidup lebih baik dengan bonus berat badan turun. Seperti apa? Ini 10 cara diet sehat untuk menurunkan berat badan, seperti dikutip dari Health Line.

1. Fokus Mengubah Pola Hidup

Ilustrasi Ibu Masak SehatIlustrasi Ibu Masak Sehat. Foto: shutterstock

Melakukan diet sehat jangka panjang biasanya tidak selalu berhasil jika target yang kamu ingin capai hanya untuk kurus bukan mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Padahal jika kamu fokus mengubah pola hidup menjadi lebih baik maka bukan hanya bisa menurunkan berat badan tapi kamu juga bisa mempertahankannya lebih lama.

2. Konsumsi Buah dan Sayur Lebih Banyak

buah dan sayurBuah dan sayur. Foto: shutterstock

Mengonsumsi lebih banyak buah-buahan dan sayuran sangat baik untuk tubuh, karena makanan tersebut sangat sehat juga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain tinggi kandungan air, nutrisi dan serat, biasanya buah dan sayur dapat memberikan energi dengan kalori rendah. Tapi tetap batasi konsuminya karena beberapa jenis buah mengandung gula tinggi dan bisa menambah kolesterol.

3. Minum Air Putih Lebih Banyak

Little girl is taking a big gulp of water from a bottle during athletics club. Foto: iStock

Air putih sangat baik untuk menurunkan berat badan karena memberi efek perut lebih penuh, sehingga kamu lebih tahan lapar. Minum 0,5 liter air dapat meningkatkan kalori yang kamu bakar sebesar 24-30% selama satu jam sesudahnya. Minum air sebelum makan juga dapat menyebabkan penurunan asupan kalori, terutama untuk orang paruh baya dan lanjut usia.

4. Tambahkan Protein

Balanced diet Organic Healthy food Clean eating selection Including Certain Protein Prevents Cancer: fish, meat, fruit, vegetable, cereal, leaf vegetable Foto: iStock

Dalam hal penurunan berat badan, protein adalah raja nutrisi. Tubuh membakar kalori saat mencerna dan meningkatkan metabolisme protein yang dimakan, sehingga diet tinggi protein dapat meningkatkan metabolisme hingga 80-100 kalori per hari. Diet tinggi protein juga bisa membuat kamu merasa lebih kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan.

5. Hitung Jumlah Kalori Harian

Young dieting woman sitting in front of plate with delicious cream tart cakes, looking at forbidden food with unhappy and hungry expression, studio, white background, isolated, close-upFoto: Thinkstock

Menyadari apa yang kamu makan sangat membantu saat melakukan diet untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa menggunakan aplikasi di handphone kamu untuk menghitungnya atau membuat catatan harian apa saja yang sudah kamu makan pada hari itu.

6. Makan Perlahan

ilustrasi makan buah dan sayuranIlustrasi makan buah dan sayuran. Foto: shutterstock

Jika kamu makan terlalu cepat, kemungkinan kamu akan makan dengan porsi yang banyak sehingga kalori yang masuk ke tubuh kamu pun banyak tanpa sadar. Namun, apabila kamu mengunyah lebih lambat dapat membantu mengonsumsi makan lebih sedikit. Sehingga kalori yang masuk juga sedikit dan meningkatkan produksi hormon yang terkait dengan penurunan berat badan.

7. Tidur yang Cukup

Ilustrasi tidurIlustrasi tidur. Foto: Getty Images/iStockphoto/Damir Khabirov

Cara diet sehat selanjutnya adalah tidur yang cukup. Tidur teratur sangat penting untuk membantu menurunkan berat badan, serta untuk mencegah penambahan berat badan di masa mendatang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur 55% lebih mungkin mengalami obesitas, dibandingkan dengan mereka yang cukup tidur. Sebab kurang tidur mengganggu fluktuasi harian hormon nafsu makan, yang menyebabkan regulasi nafsu makan yang buruk.

8. Sikat Gigi Setelah Makan

sikat gigi saat puasa Foto: Getty Images/Eva-Katalin

Banyak orang menyikat atau membersihkan gigi setelah makan, hal ini dapat membantu membatasi keinginan untuk ngemil atau makan di antara waktu makan. Ditambah, bisa membuat makanan terasa tidak enak. Oleh karena itu, jika kamu menyikat atau menggunakan obat kumur satu jam setelah makan, mungkin tidak akan tergoda untuk mengambil camilan yang tidak perlu.

9. Olahraga Rutin

Ilustrasi OlahragaIlustrasi Olahraga. Foto: shutterstock

Melakukan olahraga kardio dan hiit cardio secara rutin mampu membantu menurunkan berat badan kamu. Kamu bisa memilih olahraga yang tepat untuk tubuh kamu seperti jogging, lari, bersepeda, latihan beban dan lain sebagainya.

Olahraga kardio memberikan dampak yang baik dalam mengurangi lemak perut yang menumpuk. Sehingga terbukti menurunkan berat badan.

10. Diet Rendah Karbohidrat

makanan rendah lemak tinggi karbohidrat Foto: iStock

Diet rendah karbohidrat sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Dengan membatasi karbohidrat dan makan lebih banyak lemak dan protein mengurangi nafsu makan dan membantu kamu makan lebih sedikit kalori.

Hal ini dapat mengakibatkan penurunan berat badan hingga 3 kali lebih besar dari diet rendah lemak standar. Diet rendah karbohidrat juga dapat meningkatkan banyak faktor risiko penyakit.

Itulah 10 cara diet sehat untuk menurunkan berat badan. Perlu diingat, fokuslah pada proes menuju sehat, bukan hanya target menurunkan berat badan.

(hst/hst)