5 Manfaat Bersepeda bagi Kesehatan Pria dan Wanita

Lusiana Mustinda - wolipop Sabtu, 09 Jan 2021 12:00 WIB
Meski CFD masih belum diberlakukan sejumlah warga tampak asyik bersepeda di kawasan Ibu Kota. Seperti apa potretnya? Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Bersepeda bisa jadi hobi sekaligus membuat tubuh lebih sehat. Karena aktivitas fisik yang dilakukan secara teratur dapat melindungi kita dari risiko penyakit kronis seperti obesitas, penyakit jantung, kanker dan juga penyakit mental.

Dikutip dalam betterhealth, rajin bersepeda bisa jadi solusi terbaik untuk mengurangi dampak gaya hidup yang pasif. Olahraga bersepeda juga sangat mudah dilakukan, Anda bisa melakukannya sendiri ataupun mengajak keluarga bersepeda bersama. Ini manfaat bersepeda:

1. Menjaga berat badan


Bersepeda secara rutin, terutama dengan intensitas yang tinggi dapat membantu menurunkan kadar lemak tubuh yang mendorong pengelolaan berat badan yang sehat. Anda akan meningkatkan metabolisme dan membentuk otot yang memungkinkan Anda membakar lebih banyak kalori bahkan saat istirahat.

2. Menguatkan kaki


Bersepeda juga dapat meningkatkan fungsi keseluruhan tubuh bagian bawah dan memperkuat otot kaki tanpa membuatnya terlalu tertekan. Ini menargetkan paha depan, bokong, paha belakang dan betis.

Meski CFD masih belum diberlakukan sejumlah warga tampak asyik bersepeda di kawasan Ibu Kota. Seperti apa potretnya?Meski CFD masih belum diberlakukan sejumlah warga tampak asyik bersepeda di kawasan Ibu Kota. Seperti apa potretnya? Foto: Rifkianto Nugroho

3. Meningkatkan kesehatan mental


Bersepeda dapat meredakan perasaan stres, depresi atau kecemasan. Berfokus pada jalan saat Anda bersepeda dapat membantu mengembangkan konsentrasi dan kesadaran akan momen saat ini. Hal tersebut dapat membantu mengalihkan fokus Anda dari masalah yang terjadi pada hari itu.

Jika Anda merasa lesu, cobalah naik sepeda setidaknya selama 10 menit. Olahraga dapat melepaskan endorfin yang pada gilirannya membantu Anda merasa lebih baik sekaligus menurunkan tingkat stres.

4. Awal positif di pagi hari


Mulailah hari Anda dengan aktivitas sehat seperti bersepeda yang membangunkan Anda dengan meningkatkan sirkulasi dan memungkinkan Anda memulai hari dengan rasa semangat.

Dengan bersepeda di pagi hari, Anda mungkin merasa lebih cenderung membuat pilihan yang sehat dan positif seiring dengan berjalannya waktu.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa orang yang berolahraga sebelum sarapan selama 6 minggu dapat meningkatkan respon mereka terhadap insulin yang membantu membakar lemak dua kali lebih banyak daripada meraka yang berolahraga setelah sarapan.

Sejumlah warga mengisi libur tahun baru di Kota Tua Jakarta. Mereka bersepeda mengeliling kawasan Kota Tua.Sejumlah warga mengisi libur tahun baru di Kota Tua Jakarta. Mereka bersepeda mengeliling kawasan Kota Tua. Foto: Rengga Sancaya

5. Ramah lingkungan


Bersepeda bisa jadi pilihan bagus untuk mengurangi jejak karbon. Dengan Anda bersepeda ketika pergi ke suatu tempat, hal ini dapat meminimalisir polusi. Dengan bersepeda Anda juga tak perlu khawatir tidak kedapatan parkir, karena sepeda memiliki ukuran yang kecil sehingga dapat diparkir di tempat yang tak terlalu luas.

Manfaat bersepeda bagi wanita dan pria lainnya adalah dapat menstabilkan tubuh dan menjaga keseimbangan, koordinasi dan postur tubuh secara keseluruhan.

(lus/pal)