5 Manfaat Mengangkat dan Menempelkan Kaki ke Dinding Setiap Hari

Lukita Wardani - wolipop Jumat, 21 Agu 2020 13:00 WIB
Yoga woman feet up relaxing in room on wall background Manfaat mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding. Foto: Getty Images/iStockphoto/I am a female photographer from
Jakarta -

Apa manfaat mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding? Bagi kamu yang belum pernah mencoba gerakan yoga tetapi ingin melakukannya, pose ini mungkin mudah dan menarik bagi kamu.

Pose mengangkat kaki ke dinding atau Viparita Karana Asana ini telah digunakan selama bertahun-tahun para pencinta yoga. Gerakan ini menjadi kegemaran banyak orang karena bekerja untuk tubuh yang terasa tegang dan membutuhkan peregangan.

Mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri dalam rumah. Sehingga bagi kamu yang malas bergerak ke tempat yoga tetap bisa melakukannya.

Manfaat mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding setiap hari

1. Melancarkan Pencernaan

Gerakan di perut membantu memijat usus kamu sehingga meningkatkan pencernaan dan melawan sembelit. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bodywork and Movement Therapies, nafsu makan kamu juga bisa lebih baik karena eliminasi makanan yang dicerna jadi lebih baik dan cepat.

2. Memperbaiki Aliran Darah

Karena ini dianggap pose terbalik, aliran darah meningkat ke bagian atas tubuh, membawa aliran oksigen bersamanya. Sistem limfatik kamu akan mendapat pembersihan yang baik. Para ahli mengatakan ini membantu mengurangi pembengkakan di ekstremitas bawah (seperti tulang pelvis, femur dan tibia) dan dapat membantu masalah tekanan darah.

Yoga woman feet up relaxing in room on wall backgroundMengangkat dan menempelkan kaki ke dinding. Foto: Getty Images/iStockphoto/I am a female photographer from

3. Meredakan Rasa Sakit

Manfaat mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding adalah melatih otot-otot di panggul. Gerakan ini dapat membantu memperkuat organ reproduksi, meredakan kram menstruasi dan gejala menopause. Gerakan mengangkat kaki ke dinding ini juga bermanfaat bagi mereka yang menderita artritis atau fibromyalgia. Kram kaki (siang atau malam) bisa mereda dengan latihan teratur. Karena efeknya pada sirkulasi, pose ini juga membantu meredakan dan mencegah sakit kepala, kata para ahli di Yoga International.

4. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Menurut pelatih yoga internasional, bersantai telentang dengan kaki terangkat membantu menenangkan pikiran dan melepaskannya. Dikombinasikan dengan pernapasan dalam, Viparita Karana membantu memperlambat, dan membiarkan sistem saraf parasimpatis kamu, mengambil alih - mendorong untuk melakukan r-e-s-t yang terbaik dari semuanya, kamu bisa berbaring sambil mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding dan membiarkan pikiran melayang!

5. Meregangkan Pinggul, Kaki, Punggung

Otot betis dan tungkai, paha belakang, dan punggung kamu akan mendapatkan peregangan yang baik dengan pose mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding. Begitu juga dengan leher dan pinggul, saat kamu masuk dan keluar dari pose ini.

Seiring waktu, ini akan membuat tubuh kamu lebih fleksibel dan elastis, mengurangi ketegangan dan nyeri di area tersebut. Latihan teratur juga dapat membantu meringankan sakit punggung.

Saat mulai mencoba pose yang disebut Viparita Karana, mulailah dengan perlahan. Lakukan gerakan tidak lebih dari 5 hingga 10 menit setiap kali sampai tubuh kamu menyesuaikan diri dengan posisi ini. Jika sudah terbiasa tambah lagi waktunya hingga 15 menit dan kamu akan merasakan manfaat mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding seperti yang sudah dipaparkan di atas.

(eny/eny)