4 Manfaat Air Lemon dan Jumlah Aman yang Harus Dikonsumsi Per Hari

Lukita Wardani - wolipop Senin, 17 Agu 2020 11:10 WIB
Air Lemon Ilustrasi manfaat air lemon. Foto: iStock
Jakarta -

Air lemon punya banyak manfaat bagi kesehatan jika dikonsumsi secara rutin. Meski begitu air lemon tidak bisa diminum sebebas yang kamu mau karena jika berlebihan akan menimbulkan masalah pada lambung.

Apa saja manfaat air lemon? Seberapa banyak kamu harus mengonsumsinya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Tinggi Vitamin C

Menurut Office of Dietary Supplements di Institut Kesehatan Nasional AS, air dari satu buah lemon mengandung sekitar 30 mg vitamin C. Kandungan itu memenuhi 33% dari kebutuhan harian sebanyak 90 mg yang direkomendasikan (RDA) untuk pria, dan 40% dari 75 mg RDA untuk wanita.

Vitamin C berfungsi mendukung sistem kekebalan tubuh sehingga menjaga daya tahan tubuh dari virus dan bakteri penyebab penyakit. Selain itu juga meningkatkan penyerapan zat besi yang sangat penting agar sel-eel tubuh dapat bertahan dan tumbuh.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Karena air lemon rendah kalori, bisa sebagai pengganti yang bagus untuk minuman yang kurang sehat seperti soda, es teh, dan jus yang kerap mengandung tambahan gula. Manfaat air lemon dapat membatasi asupan kalori dan berpotensi membantu penurunan berat badan.

Sebuah studi pada tahun 2012 yang diterbitkan oleh American Journal of Clinical Nutrition menemukan untuk orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas, mengganti minuman berkalori tinggi dengan air atau minuman non-kalori seperti air lemon membantu penurunan berat badan rata-rata 2% hingga 2,5% setelah enam bulan.

3. Membantu Mencegah Batu Ginjal

Asam sitrat dalam jus lemon juga dapat membantu mencegah perkembangan batu ginjal. Sitrat, garam dalam asam, mendukung mekanisme pencegahan ini dengan mengikat kalsium dalam urine.

Menurut sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan oleh Case Western Reserve University School of Medicine, mengonsumsi empat lemon sehari dicampur dengan dua liter air secara signifikan dapat meningkatkan kadar sitrat urine.

4. Menyegarkan Napas

Manfaat air lemon juga dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut dari asam sitrat yang terkandung di dalamnya. Namun terlalu banyak asam sitrat juga bisa membuat bau napas semakin parah karena memicu gangguan gastroesophageal reflux (GERD). GERD dapat menyebabkan asam lambung naik melalui kerongkongan dan masuk ke mulut, menyebabkan bau mulut. Maka dari itu minum air lemon juga sebaiknya jangan terlalu banyak.

Berapa banyak air lemon yang harus diminum setiap harinya?

Ahli diet Amy Stephens, MS, RDN, CDE merekomendasikan mengonsumsi air lemon dua hingga tiga buah sepanjang hari. Minum satu atau dua gelas saat makan dan satu gelas di antara waktu makan.

Tapi jangan selalu menambahkan perasan lemon lagi ke setiap gelas air yang kamu minum. Karena rasanya yang asam sehingga tidak disarankan minum terlalu banyak. Sebab akan meninmbulkan beberapa efek samping, salah satunya gangguan pencernaan da asam lambung.

Namun secara keseluruhan, bagi banyak orang, minum perasan beberapa gelas air lemon setiap hari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.



Simak Video "Louis Partridge, Si Tewksbury yang Curi Perhatian di 'Enola Holmes'"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)