13 Cara Hidup Bahagia Agar Tidak Mudah Stres

Lukita Wardani - wolipop Sabtu, 27 Jun 2020 15:26 WIB
Happy business woman hugging herself with natural emotional enjoying face. Love concept of yourself Cara hidup bahagia. Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Bagaimana cara hidup bahagia di masa sekarang ini? Pada masa new normal ini kita memang harus banyak beradaptasi dengan kebiasaan baru sehingga membuat sebagian dari kita merasa khawatir dengan tantangan yang akan dihadapi. Self love atau mencintai diri sendiri merupakan salah satu kunci untuk terus melaju dengan bahagia.

Berikut 13 cara hidup bahagia agar kamu tidak mudah stres dan belajar mencintai diri sendiri:

1. Berhenti Membandingkan Diri Kamu Dengan Orang Lain

Membandingkan diri dengan orang lain merupakan hal yang lumrah dilakukan dalam kehidupan sosial, tapi untuk saat ini kamu harus mulai berhenti melakukan hal tersebut dan fokus dengan hidup kamu. Pergeseran energi tersebut dapat membuat kamu lebih bebas dengan sendirinya.

2. Hiraukan Semua Komentar Dari Orang Lain

Tidak dapat dipungkiri opini atau komentar yang keluar dari orang lain, sesama teman atau hanya orang iseng dapat membuat kamu kepikiran dan akhirnya mencoba berprilaku seperti yang mereka ekspektasikan ke kamu. Cara hidup bahagia adalah dengan mulai menyaring komentar orang lain ke diri sendiri. Langkah ini bisa membuat kamu lebih bahagia karena pada dasarnya kita tidak bisa membuat semua orang senang. Lakukan yang terbaik untuk dirimu.

3. Terima Kekurangan dan Memaafkan Diri Sendiri

Pada dasarnya semua orang tidak ada yang sempurna dan semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Tapi jangan sampai kesalahan membuat kamu jatuh terlalu dalam, jadikanlah kesalahan sebagai pelajaran. Sehingga kamu pun akan bertumbuh karena tidak ada yang tahu hidup ke depannya akan seperti apa.

4. Ingat! Nilai Diri Bukan Hanya Diukur Dari Bentuk Tubuh

Cara terbaik membahagiakan diri sendiri adalah dengan tidak melihat atau menilai dirimu sendiri dari bentuk tubuhmu. Hal ini sangat mendasar karena begitu banyak pandangan yang mengukur nilai seseorang dari fisik ataupun yang terlihat. Mulai saat ini kenakan apapun yang membuat kalian merasa nyaman, percaya diri dan bahagia.

5. Jangan Ragu Keluar Dari Orang-Orang Toxic

Tidak semua orang mempunyai energi yang baik untuk kita. Jika seseorang sudah membuat dirimu tidak lebih baik, jangan ragu dan takut untuk keluar dari lingkungan tersebut.
Ingat, jaga energi dan pikiran kamu agar tidak terjebak dari situasi yang bisa membuat depresi. Lakukan ini agar hidupmu bahagia setiap hari.

6. Proses Rasa Takut

Setelah berbuat salah rasa takut, cemas dan khawatir akan selalu ada. Proses lah perasaan itu dengan menerimanya dan jangan tolak hal tersebut. Setiap manusia pasti merasakan hal itu, setelahnya coba kamu berbicara dengan diri sendiri dan mengevaluasinya agar bisa menjadi lebih baik. Cara hidup bahagia adalah dengan terbuka pada diri sendiri sehingga dapat membantu kamu menjadi lebih baik.

Smiling young woman wearing headphones sit at desk working at laptop making notes, happy millennial female in modern earphones study watch webinar on computer handwrite in notebookIlustrasi cara hidup bahagia. Foto: iStock

7. Percalah Pada Diri Sendiri untuk Mengambil Keputusan Bagi Diri Sendiri

Terkadang, kita terlalu sering ragu pada diri sendiri dalam kemampuan mengambil keputusan. Sebenarnya perasaan dan otak kita dapat mengambil keputusan terbaik untuk diri sendiri lho karena kita lebih mengenal diri sendiri dibandingkan orang lain.

8. Ambil Setiap Kesempatan yang Ada Dalam Hidup Atau Ciptakan Sendiri

Waktu dalam kehidupan tidak akan pernah sempurna. Beberapa pengaturannya mungkin tidak ideal tetapi jangan jadikan hal tersebut sebuah penghalang untuk mewujudkan dan menggapai impian kalian. Sebaliknya raih momen itu karena mungkin tidak akan pernah kembali.

9. Jadikan Diri Sendiri Sebagai Prioritas

Wanita bisa terbiasa mengutamakan orang lain terlebih dahulu dibandingkan dirinya. Agar hidup kamu lebih tenang, jangan jadikan hal tersebut menjadi kebiasaan karena terkadang dapat membuatmu kecewa. Jadi temukan waktu untuk dekompresi diri sendiri.

10. Nikmati Perasaan Baik Sedih Maupun Senang

Biarkan hati kamu merasakan sedih ataupun senang dengan sepenuhnya. Bersandar pada kesakitan, bersenang-senanglah dan jangan batasi perasaan kamu. Seperti halnya ketakutan, rasa sakit dan kegembiraan adalah emosi yang akan membantu memahami diri sendiri. Cara ini bisa membuatmu hidup bahagia.

11. Latihan Berani Tampil di Depan Umum

Biasakan berbicara pada diri sendiri dan sempatkan diri untuk bergabung dengan orang banyak lalu sampaikan pendapat kamu. Karena pada dasarnya semua pendapat itu sama berharganya.

12. Mensyukuri Hal-Hal yang Sederhana

Cara sederhana hidup bahagia adalah dengan mencoba memperhatikan setidaknya satu hal kecil yang indah di sekitar kamu setiap hari. Catat itu dan syukuri itu karena dengan bersyukur membantu anda menemukan kesenangan.

13. Bersikap Baik Kepada Diri Sendiri

Meski dunia penuh dengan kata-kata dan kritik keras tapi cobalah tetap bicara dan bersikap baik terhadap diri sendiri. Jangan menyebut diri kamu dengan hal-hal yang kasar. Cara hidup bahagia adalah dengan memberikan penghargaan dan perayaan kepada diri sendiri apabila kamu bisa melakukan dan melewati sesuatu yang berat.

Bagaimana mudah bukan 13 cara hidup bahagia di atas? Selamat mencoba ya agar kamu tidak mudah stres dan lebih tenang.



Simak Video "Heboh Pegawai Starbucks Indonesia, Apa Penyebab Pria Suka Ngintip?"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)