Daftar Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari Agar Mudah Tidur Nyenyak

Vina Oktiani - wolipop Selasa, 19 Mei 2020 19:30 WIB
Theres nothing better than a lie in. Woman sleeping in bed. Makanan agar tidur nyenyak. Foto: iStock
Jakarta -

Melakukan isolasi diri di rumah untuk mencegah infeksi COVID-19 bisa memberikan perubahan pada kegiatan dan gaya hidupmu. Salah satu masalah yang mungkin dirasakan akibat perubahan tersebut adalah kesulitan untuk tidur di malam hari.

Seperti dikutip dari Daily Mail, terapis tidur yang berbasis di Sydney, Olivia Arezzolo mengatakan bahwa di tengah pandemi ini banyak orang yang menanyakan padanya makanan apa yang perlu dikonsumsi untuk membantu tidur di malam hari. Olivia juga mengatakan bahwa menurut penelitian, sebanyak 52 persen orang yang kurang tidur melaporkan bahwa mereka tidak termotivasi dan kurang efisien dalam menyelesaikan sesuatu.

Agar dapat tidur dengan lebih mudah, kamu bisa mencoba mengubah pola makan yang kamu miliki. Berikut ini beberapa makanan yang perlu kamu konsumsi dan hindari jika menginginkan tidur malam yang lebih mudah.

Makanan yang Perlu Dikonsumsi Agar Tidur Nyenyak

1. Telur

Olivia menjelaskan bahwa telur kaya akan omega dan protein. Telur dapat memberikanmu energi tanpa gula, sehingga memungkinkanmu untuk tetap pada jalur atau rutinitasmu selama isolasi diri di rumah. Kamu bisa mengonsumsi telur dengan satu sendok mentega kacang untuk menangkal stress. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan jamur dalam telur dadarmu karena jamur dipercaya memiliki sifat menenangkan dan membantu kecemasan.

Foto: iStock

"Kamu juga bisa mencoba telur orak arik dengan bayam untuk zat besi dan meningkatkan energi, atau memasukkan beberapa tomat ke telurmu, yang merupakan bahan makanan lain yang baik untuk membantu tidurmu. Tomat kaya akan hormon kantuk melatonin, yang dapat membantu jika kamu mengalami kesulitan tidur," kata Olivia.

2. Sarden, Tuna, atau Salmon

Menurut penuturan Olivia, seperti telur, ikan berlemak ini kaya akan kandungan omega 3 dan protein, serta vitamin B6 dan faktor-faktor pendamping lainnya yang diperlukan untuk membuat melatonin. Kamu juga bisa menggabungkan sarden, tuna, atau salmon dengan telur dadar. Manfaat kandungan dari telur dan juga ikan sarden, tuna, atau salmon akan membantumu untuk tidur dengan lebih mudah.

Foto: iStock

Cara terbaik lainnya untuk menikmati ikan sarden, tuna, atau salmon adalah dengan sourdough bread atau roti yang dibuat dengan cara fermentasi, bukan dengan ragi instan seperti roti-roti pada umumnya. Sourdough bread lebih aman bagi ususmu.

3. Smoothie

Foto: iStock

Smoothie selain dapat membantumu untuk tidur dengan lebih mudah juga baik bagi kesehatan. Smoothie dapat meningkatkan kekebalan tubuhmu. Smoothie kaya akan protein dan magnesium, serta gula dari buah-buahan. Tentu saja gula dari buah-buahan dalam smoothie lebih sedikit kandungannya dibandingkan jika kamu mengonsumsi biskuit cokelat atau brownies.

Olivia merekomendasikan untuk mencampurkan smoothie dengan satu sendok bubuk protein nabati vanilla, pisang beku, susu, bayam, buah beri, atau satu sendok makan cokelat, stevia atau pemanis rendah kalori, dan alpukat.

4. Biskuit Oat

Menurut Olivia, oat atau gandum dapat membantumu untuk tidur. Kamu bisa membuat biskuit oatmu sendiri dengan menggabungkan satu pisang, satu sendok teh kayu manis dan pemanis rendah kalori, serta secangkir gandum, lalu panggang hingga kecoklatan.

Foto: iStock

Biji-bijian yang terkandung dalam gandum akan memicu produksi insulin. Kamu juga bisa mengonsumsi roti gandum karena dapat meningkatkan gula darah secara alami yang berfungsi untuk membuatmu mengantuk.

Makanan yang Harus Dihindari Agar Tidur Nyenyak

1. Kopi

Foto: iStock

Jika kamu ingin lebih mudah tidur maka kamu perlu menghindari kopi. Bahkan menurut Olivia kopi tanpa kafein pun sebenarnya masih mengandung kafein, walaupun memang jumlahnya tidak sebanyak kopi biasa. Jika kopi biasa mungkin memiliki kafein 100mg, maka kopi tanpa kafein mungkin memiliki 7mg dan hal itu bisa membuatmu kesulitan untuk tidur. Sebagai gantinya, kamu bisa mengonsumsi peppermint atau teh chamomile. Minuman tersebut akan membuatmu merasa lebih tenang.

2. Dark Chocolate atau Cokelat Hitam

Foto: iStock

Cokelat hitam walaupun mengandung magnesium, namun juga kaya akan kafein. Cokelat hitam memiliki kafein sebanyak 25% dari secangkir kopi standar. Menurut Olivia, kandungan tersebut jika dikombinasikan dengan kadar gula di dalamnya, hal itu dapat membuatmu justru semakin sulit untuk tidur.

3. Keju

Keju.Keju. Foto: Istimewa

Menurut penelitian, keju adalah salah satu makanan yang dapat membuat seseorang menjadi gelisah dan bermimpi aneh. Para peneliti percaya bahwa hal itu disebabkan karena keju berpengaruh pada suasana hati dan kognisi seseorang.

4. Makanan Pedas

Foto: iStock

Olivia mengatakan bahwa kamu harus menghindari makanan yang terlalu pedas di malam hari karena dapat berpotensi untuk menghambat tidurmu. Olivia juga mengatakan bahwa menurut penelitian dari The British Cheese Board, makanan pedas dapat berpotensi mengganggu tidur.



Simak Video "164 Desainer Bakal Unjuk Gigi di Fashion Show Virtual 'ISEF 2020'"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)