2 Kali Positif Corona, Ini yang Dilakukan Puteri Pariwisata Hingga Sembuh

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 07 Mei 2020 20:00 WIB
chika mailoa Foto: instagram @chikamailoa
Jakarta -

Puteri Pariwisata Indonedia 2008 asal Maluku, Albertina Fransisca Mailoa atau yang akrab disapa dengan Chika merasakan pahitnya dinyatakan positif virus Corona. Dia bahkan dua kali terkena virus Corona setelah sebelumnya sudah sembuh. Ia pun meberikan tips apa yang dilakukannya selama masa penyembuhannya.

"Tipsnya selain harus rajin mencuci tangan, social distancing dan pakai masker itu penting sekali, selain itu tidak stres! Itu penting banget," katanya.

Pemilik sekolah modeling Runway by Chika Mailoa itu menambahkan, pasien yang terinfeksi virus Corona juga tidak boleh terlalu banyak berpikir hingga tidak bisa tidur. Hal itu karena tidur yang cukup merupakan bagian penting dari proses pemulihan COVID-19.



"Makanya kita beberapa kali dikasih obat penenang dari dokter, supaya kita bisa tidur dan istirahat, sebelum jam 22.00 WIB itu sudah tidur, karena diedukasi sama dokter ada hormon yang berasal dari tubuh kita yang akan memproduksi dan memperbanyak diri untuk membentuk antibodi. Jadi penting banget buat tidur," jelasnya.

Menurut Chika, seseorang yang merasa dirinya memiliki gejala virus Corona juga tak perlu takut untuk memeriksakan diri ke dokter. Karena belum tentu hasil pemeriksaan dari rapid test atau tes swab hasilnya akan positif.

Chika MailoaChika Mailoa Foto: instagram @chikamailoa



Wanita 35 tahun itu menjelaskan jika kondisi tubuh terasa tidak enak, lebih baik untuk isolasi mandiri di rumah saja selama 14 hari. Saat isolasi mandiri ini, selain makan makanan yang sehat, pastikan juga mengonsumsi beberapa macam vitamin.

"Kalau vitamin dari rumah sakit itu pasti ada vitamin C, vitamin B kompleks. Aku sendiri punya tambahan vitamin lainnya, yaitu vitamin zinc, vitamin D, ada multi vitamin juga. Jadi yang wajib itu vitamin C dan vitamin E juga. Dan yang paling penting harus berjemur, makan buah. Setiap hari pas di rumah sakit aku selalu dikasih buah pisang dan telur rebus pagi hari. Kalau sayuran apa saja aku konsumsi. Dan juga aku konsumsi jamu. Kalau di Makassar ada namanya Saraba, minuman tradisional yang kaya manfaat," ucap mantan ratu kecantikan yang tinggal di Makassar itu.

Chika mengungkapkan kisahnya terpapar virus Corona dua kali hingga akhirnya bisa sembuh. Dia menduga dirinya terinfeksi dari sang ibu.



"Jadi awal aku sakitnya kemungkinan besar dari ibuku. Dia di rumah sakit pada 14 Maret 2020, gejalanya itu kayak orang flu, lemas, demam,dan pusing. Tiga hari kemudian aku yang sakit dan mengalami gejala yang sama, nggak enak badan dan demam tinggi plus sakit kepala. Selama tiga hari aku nggak bisa bangun dari tempat tidur," ungkap Chika saat dihubungi Wolipop via telepon Selasa (5/4/2020).

Pada 26 Maret, Chika dan ibunya menjalani tes swab. Empat hari kemudian hasilnya keluar dan keduanya dinyatakan positif terinfeksi virus Corona. Pada 27 Maret, Chika dan ibunda dipindahkan ke gedung lain dari rumah sakit tersebut untuk isolasi.

Chika dan kedua orangtuanya memutuskan menjalani isolasi mandiri di rumah setelah hasil tes swab ketiga mereka dinyatakan negatif COVID-19. Saat itu dia pun merasa kondisi tubuhnya sudah benar-benar fit.

Namun pada 13 April 2020, belum sampai sebulan setelah pertamakali dinyatakan Corona, Chika kembali merasakan demam dan keirngat dingin. "Badanku itu kayak tertusuk-tusuk, keluar dingin dann agak panas. Aku mulai stres lagi, emang sih aku sudah pisah tidur dengan anak-anak, cuman semuanya sudah siap-siap mau hidup normal lagi di dalam rumah," ujar ibu dua anak itu.

Chika pun memutuskan kembali menjalani tes swab. Begitu juga kedua orangtuanya. Tak disangka, dia kembali dinyatakan positif COVID-19, sedangkan kedua orangtuanya negatif.

Namun kini Chika sudah sembuh dari virus Corona. Berdasarkan tes swab keempat yang dijalaninya pada 22 April 2020, hasilnya negatif. Begitu juga dari tes swab kelima yang dilakukannya pada 27 April, hasilnya juga negatif.



Simak Video "Resepsi Nikah Ditunda karena Corona, Gimana Vendor Fotografi Menyikapinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)