3 Makanan Penting yang Harus Ada di Menu Sahurmu

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 07 Mei 2020 03:31 WIB
?ftar meal in Ramadan Menu sahur. Foto: Istimewa
Jakarta -

Setiap orang yang melakukan puasa diwajibkan untuk sahur terlebih dahulu. Asupan gizi dari makanan yang kamu konsumsi saat sahur nantinya akan sangat berpengaruh pada kondisi tubuhmu saat menjalani puasa seharian.

"Ketika memutuskan apa yang harus dimakan selama Ramadhan, ingatlah bahwa Iftar dan Sahur membantu mempertahankan puasamu pada hari berikutnya, jadi sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang tepat," kata Departemen Diet di Singapore General Hospital (SGH), anggota SingHealth Grup.

Oleh karena itu agar stamina tetap terjaga dan badan selalu sehat, kamu perlu mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi saat sahur. Seperti dikutip dari Health Xchange Sg, berikut ini 3 makanan penting yang harus ada di hidangan sahurmu:

1. Buah dan Sayur

Foto: Pattanaphong Khuankaew


Buah dan sayur-sayuran kaya akan serat. Selain itu, buah dan sayur sangat penting untuk hidangan sahurmu karena dapat meningkatkan rasa kenyang dan membantu mencegah sembelit. Buah dan sayur juga mengandung vitamin, mineral, dan phytochemical yang sangat baik untuk kesehatan. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan secara langsung untuk memastikan bahwa kamu memperoleh semua manfaatnya bagi kesehatan.

2. Nasi Merah atau Roti Gandum

Foto: detikFood


Makanan berkarbohidrat yang tinggi akan serat seperti nasi merah atau roti gandum akan membuatmu merasa kenyang lebih lama. Hal itu dikarenakan nasi merah dan roti gandum membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna, sehingga selain dapat membuatmu tidak mudah lapar, hal itu juga bisa membantu mempertahankan energimu lebih lama. Hasilnya, kamu tidak mudah capai walau sedang berpuasa.

3. Daging atau Protein Lainnya

Foto: iStock


Makanan-makanan yang mengandung protein seperti daging, ikan, ayam tanpa kulit, atau susu rendah lemak sangat bagus untuk dijadikan hidangan sahur. Namun kamu juga harus tetap membatasi protein lemak yang kamu konsumsi, jangan sampai kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Protein dari makanan-makanan tersebut dapat membantu memperbaiki, membangun jaringan tubuh dan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi susu berkalsium tinggi juga dapat membantu mempertahankan kekuatan tulang. Bagi kamu yang alergi laktosa, kamu bisa mengonsumsi susu bebas laktosa atau susu kedelai yang diperkaya kalsium.



Simak Video "LDR sama Keluarga, Bikin Hampers Sendiri Yuk! "
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)