Saat Social Distancing, Ini yang Boleh dan Tidak Boleh Dilakukan

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 18 Mar 2020 11:11 WIB
Woman wearing pollution mask while using mobile phone. Young female is looking away while standing on street. She is in city at night. Ilustrasi social distancing. Foto: Getty Images/izusek
Jakarta -

Selama virus Corona ditetapkan menjadi pandemi, semua orang diminta untuk melakukan social distancing yang artinya menjarakkan diri untuk menghindari penularan penyakit. Salah satu cara yang disarankan pemerintah adalah WFH atau work from home meski hal ini tidak diterapkan semua kantor. Jika Anda yang bekerja atau beraktivitas seperti biasa, perhatikan hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat social distancing.

Berkegiatan seperti biasa memang dianggap berisiko mengingat virus Corona masih menghantui di masyarakat. Namun selama Anda tetap waspada dan menjaga kesehatan serta menerapkan social distancing, penularan virus Corona bisa dicegah. Social distancing adalah tindakan non-farmasi untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular. Artinya Anda diminta untuk menjauhkan diri dari bersentuhan dan kerumunan orang.

Meski begitu, social distancing artinya bukan Anda harus benar-benar menutup diri dan tidak mau bertemu siapapun. Namun Anda dianjurkan mengurangi kontak dekat antar manusia. Berikut beberapa hal-hal yang perlu dihindari selama social distancing.

- Berkumpul dengan orang banyak
- Menginap atau 'sleepover' di satu kasur dengan orang banyak
- Datang ke acara musik yang ramai
- Datang ke acara olahraga yang ramai
- Datang ke toko atau mal yang ramai
- Olahraga di gym
- Mengundang orang banyak atau pekerja-pekerja yang kurang dibutuhkan ke rumah
- Menaiki transportasi umum yang penuh penumpang

Tak semua harus dihindari, social distancing artinya ada beberapa hal yang boleh dilakukan tapi dengan hati-hati. Beberapa diantaranya, seperti:

- Makan atau beli makanan di restoran
- Berbelanja di pasar atau supermarket
- Berolahraga di tempat yang tidak penuh orang
- Mengunjungi tempat umum yang tidak penuh orang, seperti perpustakaan atau taman terdekat
- Mengunjungi tempat ibadah
- Bepergian

Selama social distancing, Anda pun diperbolehkan untuk bergerak bahkan berolahraga yang merupakan salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan. Tidak disarankan pergi ke tempat keramaian, jika merasa bosan karena terkurung di rumah carilah hiburan yang aman. Ini hal-hal yang tetap boleh dilakukan saat social distancing yang artinya Anda bisa menghabiskan waktu berkualitas dengan orang-orang terdekat.

- Jalan-jalan di sekitar rumah
- Berkebun
- Bermain di halaman rumah
- Membersihkan rumah
- Membaca
- Mendengarkan Musik
- Memasak
- Bermain game bersama keluarga
- Berkendara
- Menonton film
- Mengawasi orang-orang sekitar yang sekiranya butuh bantuan, misal orang-orang tua



Simak Video "Tips Workout di Rumah ala Alia Basalamah"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/sra)