Begini Cara Penyebaran Virus Corona yang Sangat Cepat Menular

Hestianingsih - wolipop Selasa, 17 Mar 2020 14:43 WIB
WHO menyatakan virus corona COVID-19 sebagai pandemi. Pasalnya virus corona telah menyebar ke ratusan negara di dunia, tak terkecuali Indonesia. Ilustrasi cara penyebaran virus Corona. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Virus Corona COVID-19 membuat banyak orang khawatir karena cara penyebaran yang sangat cepat. Tidak pandang bulu, dari orang awam, selebriti, atlet hingga pejabat bisa kena.

Cara penyebaran virus Corona bisa terjadi dari manusia ke manusia lewat droplet atau percikan air liur. Sebab virus Corona sebagian besar ditemukan menyerang saluran pernapasan.

Pakar penyakit menular Charales Chiu, MD, PhD, dari University of California San Fransisco, mengatakan cara penyebaran virus Corona yang telah diketahui sampai saat ini adalah melalui percikan air liur ketika seseorang yang sudah terinfeksi bersin atau batuk. Orang dengan jarak kurang dari dua meter bisa tertular apabila si terinfeksi virus Corona bersin atau batuk tanpa memakai masker.

Cara penyebaran virus Corona bisa lewat berjabat tangan. Foto: BBC World


Itulah sebabnya, kini gencar digalakkan imbauan untuk social distancing. Yakni menjaga jarak antara satu orang dengan orang lain dengan berdiam atau melakukan aktivitas di rumah. Baik itu kerja atau sekolah. Sebab, kontak jarak dekat atau close contact meningkatkan risiko cara penyebaran virus Corona.

Cara penyebaran virus Corona lewat kontak jarak dekat yaitu melalui jabatan tangan, berciuman, berpelukan atau aktivitas lain yang melibatkan sentuhan langsung. Virus Corona juga bisa menyebar jika kita bersentuhan dengan permukaan benda yang telah terpapar.

Benda-benda seperti pegangan pintu, saklar, meja, tiang, remote TV atau AC, atau benda lain yang digunakan secara bergantian, apabila pernah disentuh orang terinfeksi berpotensi jadi cara penyebaran virus Corona. Dengan kata lain jika permukaan benda yang terkena virus Corona disentuh lalu tangan kita mengusap mata, hidung dan mulut atau membran mucus lainnya, maka bisa tertular.

Cara penyebaran virus Corona bisa karena menyentuh pegangan di angkutan umum. Foto: Hestiana Dharmastuti/ detikcom


World Health Organization (WHO) menjelaskan bahwa cara penyebaran virus Corona sangat cepat karena virus ini bisa bertahan selama beberapa jam di luar tubuh. Bahkan bisa bertahan hingga dua hari dalam suhu ruangan.

Maka dari itu sangat disarankan rajin cuci tangan dengan air mengalir dan sabun setiap kali selesai beraktivitas di luar atau habis menyentuh benda-benda. Bisa juga dengan menggunakan hand sanitizer jika tidak tersedia air dan sabun.

Untuk mencegah penyebaran virus Corona agar tak semakin luas, WHO menganjurkan untuk menjaga jarak dengan orang lain minimal satu meter. Jika memungkinkan ada baiknya melakukan social distance dengan beraktivitas di rumah. Presiden Jokowi dan para selebriti pun berkampanye agar lebih banyak masyarakat yang kerja dari rumah, belajar dari rumah dan bermain di rumah (untuk anak-anak).



Simak Video "Resepsi Nikah Ditunda karena Corona, Gimana Vendor Fotografi Menyikapinya?"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)