Penyakit yang Mengintai Gara-gara Kamar Mandi Kotor

Abu Ubaidillah - wolipop Kamis, 12 Mar 2020 12:53 WIB
kamar mandi Foto: shutterstock
Jakarta -

Meski digunakan sebagai tempat untuk membersihkan badan, namun kamar mandi bukanlah merupakan tempat yang bersih. Sama halnya seperti alat-alat kebersihan (sapu, lap, dan pel) bukan berarti kebersihannya terjaga meski sering digunakan untuk membersihkan rumah.

Ada banyak bakteri, virus, dan kuman yang berada di kamar mandi atau toilet. Apabila jarang dibersihkan, maka organisme tersebut dapat berkembang dan kemudian masuk ke tubuh kita.

Berdasarkan studi dalam jurnal Applied and Environmental Microbiology, Gibbons dan kawan-kawan menguji kamar mandi pria dan wanita untuk mengetahui komunitas mikroba berkembang setiap saat.

Mereka menemukan adanya Staphylococcus, Human papillomavirus (HPV), virus herpes, dan E. coli di antara serangga yang ada pada kamar mandi. Menurut penelitian tersebut, sebagian besar kuman dibawa oleh manusia.

Beberapa kuman dapat berisiko menjadi patogen dan di kamar mandi, penyebaran virus dan kuman tersebut akan berlangsung cepat, terutama di bagian-bagian kamar mandi tertentu seperti tempat sikat gigi.

Maka dari itu, secara rutin kita harus membersihkan kamar mandi agar tidak masuk ke dalam tubuh. Selain itu, kita juga harus menjaga peralatan mandi agar tidak terkontaminasi kuman dan virus dengan menempatkannya di wadah tertutup.

Agar lebih angat dianjurkan menggunakan sabun mandi cair yang biasanya ditempatkan di dalam botol. Itu akan menghindari risiko kontaminasi kuman dan bakteri dibanding sabun batangan biasa yang ditempatkan di tempat terbuka.

Anda bisa membeli berbagai sabun mandi cair seperti Palmolive atau Nuvo melalui e-Catalgoue Transmart agar bisa mendapatkan potongan harga untuk belanja tengah bulan. Caranya menunjukkan kode promo ke kasir Transmart Carrefour ketika melakukan pembayaran setiap transaksi yang dilakukan pada 12-24 Maret 2020.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)