7 Cara Menidurkan Bayi yang Susah Tidur

Lusiana Mustinda - wolipop Rabu, 11 Mar 2020 18:12 WIB
Father with a baby girl at home, sleeping on the sofa. Paternity leave. Cara menidurkan bayi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Halfpoint
Jakarta -

Malam-malam tanpa tidur adalah ritual untuk sebagian orang tua. Menidurkan bayi menjadi salah satu pekerjaan yang sulit bagi orang tua baru. Setiap cara yang diterapkan bisa berbeda keefektifannya terhadap anak.

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tidur pada bayi di malam hari. Bayi baru lahir lebih rentan mengalami kesulitan tidur karena rutinitas tidur bayi belum terbentuk.

Dikutip dalam Mayo Clinic, bayi baru lahir tidur 16 jam atau lebih dalam sehari. Meskipun polanya mungkin tidak menentu pada awalnya, jadwal tidur yang lebih konsisten akan muncul saat bayi setelah agak besar dan lebih lama di antara waktu menyusu.

Cara menidurkan bayi.Cara menidurkan bayi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Halfpoint

Pada usia 3 atau 4 bulan, sebagian bayi tidur lima jam setiap sesi. Meskipun betah tidur lama, tetapi rutinitas menidurkan bayi terkadang tidak mudah. Ketika bayi sulit tidur, umumnya akan rewel dan menangis. Hal ini tak jarang membuat orang tua merasa frustasi.

Saat lapar, popok basah karena buang air, bayi tidak bisa tidur sendiri hingga kondisi ruang tidur yang tidak nyaman menjadi salah stau penyebab bayi susah tidur.

Cobalah tips cara menidurkan bayi rewel dan susah tidur:

1. Buat Ruangan Tidur yang Nyaman

Salah satu cara menidurkan bayi adalah dengan membuat ruang tidur senyaman mungkin. Pilih alas kasur dengan bahan yang adem alias tak panas. Pastikan juga pakaian yang dikenakan si kecil nyaman. Cegah kegerahan dengan mengatur suhu kamar.

Cara menidurkan bayi.Cara menidurkan bayi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Halfpoint

2. Beri Pijatan

Cara menidurkan bayi umur 1 bulan bisa dibantu dengan memberikan pijatan. Bayi yang dipijat lembut bisa memberikan efek rileksasi dan nyaman. Saat tubuhnya nyaman si kecil juga lebih mudah untuk tertidur. Ketika memijat, gunakan baby oil dan pijat bayi secara perlahan dengan gerakan lembut.

3. Atur Suhu Kamar

Selain mengkondisikan ruangan tidur yang nyaman, pengaturan suhu kamar yang tepat juga bisa membantu bayi tidur lebih cepat. Pilih suhu yang tidak terlalu panas dan dingin. Aturlah suhu menjadi 21-23 derajat Celcius.

Cara menidurkan bayi.Cara menidurkan bayi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Halfpoint

4. Atur Penerangan

Agar tubuh bayi dapat membedakan antara siang dan malam lebih cepat, kamu bisa membiarkan ruangan tetap gelap saat menyusuinya di malam hari. Meredupkan lampu saat si kecil tidur juga bisa menjadi kode saatnya untuk tidur bukan bermain.

5. Tenangkan Bayi

Salah satu cara menidurkan bayi umur 1 bulan dengan cara menenangkannya. Mengelus-elus kepala bayi bisa dilakukan orang tua agar anak merasa tenang. Lebih efektif lagi ketika kepala si kecil dielus-elus sambil disusui.

Cara menidurkan bayi.Cara menidurkan bayi. Foto: Getty Images/iStockphoto/Halfpoint

6. Bangun Rutinitas Tidur

Saat bayi baru lahir memang rutinitas tidurnya belum terbentuk dengan baik. Lalu bagaimana cara membangun rutinitas tidur si kecil? Caranya bisa memberikan stimulan secara konsisten dan menenangkan sebelum bayi tidur malam.

Salah satu stimulannya adalah dipeluk, ditimang, dinyanyikan lagu atau didongengi cerita. Pilih salah satu saja ya, jangan terlalu banyak stimulan. Karena jika terlalu banyak justru membuat si kecil sulit tidur.

7. Sesuaikan Jadwal Tidur Bayi

Dengan kesabaran, tentu jadwal tidur bayi bisa dibentuk oleh orang tua. Pahami kebiasaan tidur si kecil. Dengan memahami beberapa penyebabnya, orang tua pun bisa mencari solusi yang tepat. Seperti, ajak main si kecil ketika sore hari agar ia tak tidur terlalu cepat sehingga ketika malam hari, si kecil akan tidur dengan nyenyak.



Simak Video "Louis Partridge, Si Tewksbury yang Curi Perhatian di 'Enola Holmes'"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)