Ini Do's dan Don'ts untuk Cegah Virus Corona

Gresnia Arela Febriani - wolipop Kamis, 05 Mar 2020 06:03 WIB
Ilustrasi wanita sakit Ilustrasi wanita yang sedang sakit. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia.

Gejala seseorang yang terinfeksi virus Corona atau COVID-19 di antaranya mengalami flu, seperti hidung berair dan meler, sakit kepala, batuk, nyeri tenggorokan, dan demam atau gejala penyakit infeksi pernapasan berat, seperti demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada.

Untuk mencegah terinfeksi virus Corona, kamu sebaiknya menjaga kesehatan, pola makan dan kebersihan. Dikutip dari Harper's Bazaar Arabia, yang telah mengumpulkan saran dari WHO dan lembaga lainnya, berikut do's dan don'ts yang harus kamu perhatikan untuk mencegah terkena virus Corona :


Do's: Cuci Tangan

Ini Do's dan Don'ts untuk Cegah Virus CoronaIbu sedang mengajarkan anak untuk mencuci tangan. Foto: thinkstock

Jika kamu menggunakan transportasi umum setiap harinya, cuci tangan secara teratur dan menyeluruh dengan sabun. Jika tidak menemukan air dan sabun, bisa membersihkannya dengan menggosok tangan memakai hand sanitizer berbasis alkohol untuk membunuh virus.



Do's: Tutup Hidung Saat Bersin

Ini Do's dan Don'ts untuk Cegah Virus CoronaIlustrasi bersin. Foto: ilustrasi/thinkstock

Ketika kamu sedang batuk atau bersin, tutupi mulut dan hidung dengan tisu atau siku sehingga tidak memindahkan kuman kepada siapapun di sekitar kamu. Ini penting untuk kamu terapkan jika berada di dalam transportasi umum dan area publik lainnya.



Don'ts: Menyentuh Wajah Terutama Mata, Hidung dan Mulut

Ini Do's dan Don'ts untuk Cegah Virus CoronaIlustrasi wanita yang sedang bercermin. Foto: iStock

Cobalah untuk tidak menyentuh mata, hidung atau mulut, terlalu sering, terutama jika kamu sudah di depan umum. Permukaan wajah bisa terkontaminasi virus atau kuman karena kamu tidak mencuci tangan atau memakai hand sanitizer.



Do's: Hubungi perawatan medis sejak dini

Ini Do's dan Don'ts untuk Cegah Virus CoronaIlustrasi periksa ke dokter. Foto: shutterstock

Jika Anda mengalami sesak napas, demam dan batuk, segera hubungi atau datang ke fasilitas kesehatan setempat dan mencari penangan medis terdekat. Lebih baik mencegah agar penyakit menyebar dan Anda bisa cepat pulih.



Don'ts: Memakai Masker Berkepanjangan

Ini Do's dan Don'ts untuk Cegah Virus CoronaIlustrasi wanita memakai masker. Foto: dok. iStock

Penggunaan masker medis yang berkepanjangan bisa menyebabkan masalah pernapasan dan dapat mempercepat infeksi. WHO dalam situs resminya telah memberikan anjuran soal pemakaian masker terkait epidemi virus corona. Disebutkan, masker cukup dipakai oleh mereka yang sedang batuk dan bersin. Orang sehat hanya perlu memakai masker bila sedang menangani pasien terduga virus corona.

Meski menggunakan masker, masyarakat diimbau untuk tetap menjaga kebersihan diri. "Masker hanya efektif bila dipakai dengan tangan yang dibersihkan secara rutin menggunakan alkohol atau air dan sabun.



Do's: Konsumsi Makanan Bergizi

Ini Do's dan Don'ts untuk Cegah Virus CoronaMakanan sehat. Foto: Istock

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengimbau masyarakat agar terus menggerakkan hidup sehat untuk mencegah merebaknya virus Corona COVID-19. Salah satunya dengan menjaga imunitas atau daya tahan tubuh. Salah satu cara menjaga daya tahan tubuh adalah makan makanan bergizi.

"Cara mencegahnya gampang sekali. Selama imunitasnya baik, gerakan hidup sehat, dan sebagainya, makan tepat waktu," ujarnya di kantor Kemenhub, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Makanan bergizi yang bisa menjaga daya tahan tubuh contohnya makanan yang kaya vitamin C. Seperti dilansir Mayo Clinic, makanan mengandung vitamun C bisa didapat dari berbagai jenis buah citrus sepert jeruk dan lemon, tomat, paprika, brokoli, bayam dan buah beri seperti blueberry dan anggur.



Simak Video "Bikin Haru! Sepasang Dokter Rela Tunda Nikah Demi Pasien Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/eny)