Manfaat dan Cara Bersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Anggi Mayasari - wolipop Jumat, 28 Feb 2020 05:33 WIB
Portrait of a beautiful young woman flossing her teeth in the bathroom at home Manfaat dan cara bersihkan gigi dengan benang gigi. Foto: dok. iStock
Jakarta -

Dental floss atau yang juga dikenal dengan benang gigi jadi salah satu cara praktis untuk membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan. Selain menyikat gigi, benang gigi merupakan solusi terbaik untuk menjaga kesehatan gigi.

Membersihkan gigi dengan benang gigi dianggap mampu menggapai celah sudut sehingga makanan yang terselip bisa terangkat. Hal itu pun diungkapkan oleh dokter gigi Oktri Manessa.



Bagaimana manfaat dan cara bersihkan gigi dengan benang gigi ? Berikut penjelasannya menurut dokter gigi Oktri Manessa. yang juga merupakan founder klinik gigi OMDC.

Manfaat Benang Gigi

Benang gigi bermanfaat untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela antar gigi dan harus dilakukan selain menyikat gigi. Menurut dokter gigi Oktri Manessa, tindakan utama untuk menjaga kesehatan gigi yaitu menyikat gigi sehari dua kali, menggunakan obat kumur, dan benang gigi.

"Kadang memang makanan ini suka terselip di sela-sela gigi, antara gigi dan gusi. Kadang sikat gigi tidak mampu menjangkau sampai ke bagian sela-sela. Yang mampu menjangkau ke bagian sela-sela itu dengan menggunakan dental floss," ungkap drg. Oktri Manessa kepada Wolipop belum lama ini.

Manfaat dan cara bersihkan gigi dengan benang gigi atau dental flossManfaat dan cara bersihkan gigi dengan benang gigi atau dental floss Foto: dok. iStock

Benang Gigi Disarankan Nggak oleh Para Dokter Gigi?

Para dokter gigi menyarankan masyarakat menggunakan benang gigi untuk menjaga kesehatan gigi. Justru yang tak disarankan oleh dokter adalah penggunaan tusuk gigi untuk membersihkan makanan di sela-sela gigi.

"Karena kebanyakan masyarakat masih menggunakan tusuk gigi. Kenapa nggak disarankan? karena tusuk gigi itu bentuknya tidak sesuai dengan anatomi gigi dan gusi, yang ada bukannya malah membersihkan tapi malah melukai gigi dan gusi," kata Oktri.

"Dental floss sudah dipasang secara anatomis terbaik untuk sesuai dengan anatomi gigi, sehingga ketika diaplikasikan tidak akan melukai gusi atau tidak akan merusak bentuk dari gigi itu sendiri," imbuhnya.

Manfaat dan cara bersihkan gigi dengan benang gigi atau dental flossManfaat dan cara bersihkan gigi dengan benang gigi atau dental floss Foto: dok. iStock


Cara Bersihkan Gigi dengan Benang Gigi

Cara menggunakan benang gigi cukup mudah. Langkah awal adalah memasukkan benang gigi ke sela-sela gigi dari bagian bawah sampai ke atas di antara gigi dan gusi, kemudian gesek.

"Ambil secukupnya (benang gigi), patahkan menggunakan dua tangan, digulung di kedua tangan terus masukkan ke sela-sela gigi dari bagian bawah sampai ke atas antara gigi dan gusi. Pelan-pelan kita gesek, atas bawah, kanan kiri," jelas Oktri.

"Walaupun menggunakan dental floss tetap harus perlahan sampai sisa makanan dirasa cukup terangkat baru pelan-pelan keluarkan lagi dari atas ke bawa," tambahnya



Simak Video "Gigi Hadid Unggah Foto Maternity dengan Gaun Transparan"
[Gambas:Video 20detik]
(agm/eny)