5 Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan dan Cara Memasaknya untuk Diet

Hestianingsih - wolipop Rabu, 29 Jan 2020 08:15 WIB
cake cokelat premiun Bakerzin Manfaat quinoa untuk kesehatan. Foto: Thinkstock
Jakarta -

Quinoa jadi alternatif makanan pengganti nasi bagi mereka yang sedang diet penurunan berat badan atau sekadar ingin menjalani pola makan lebih sehat. Digadang-gadang sebagai superfood, quinoa memang kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk memelihara kesehatan.

Makanan dari biji-bijian ini mengandung protein, serat dan berbagai vitamin serta mineral. Quinoa juga bebas gluten sehingga banyak direkomendasikan untuk diet orang-orang yang memiliki intoleransi terhadap gluten.

Kalori quinoa juga rendah sehingga sangat baik bagi kamu yang ingin mengurangi asupan kalori dan menurunkan berat badan. Dalam 100 gram quinoa yang telah dimasak, kalori quinoa hanya 120.

5 Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan dan Cara Memasaknya untuk DietMengenal manfaat quinoa untuk kesehatan. Foto: Getty Images


Untuk kamu yang ingin memasukkan quinoa sebagai makanan pokok untuk sehari-hari, ini manfaat quinoa yang perlu diketahui:

1. Anti-peradangan

Seperti dikutip dari Live Science, quinoa bisa membantu menurunkan risiko peradangan yang berbahaya bagi kesehatan, dengan menyehatkan sistem pencernaan. Salah satu manfaat quinoa adalah menjaga bakteri baik di dalam perut, yang berperan mencegah obesitas, peradangan dan berbagai penyakit degeneratif.

Hal itu karena quinoa menyimpan nutrisi-nutrisi yang berkhasiat sebagai anti-peradangan. Beberapa di antaranya phenolic acid, polisakarida dan vitamin E.

2. Menurunkan Kolesterol

Manfaat quinoa selanjutnya adalah menurunkan kolesterol karena kandungan seratnya yang tinggi. Seperti diketahui, serat dapat membantu menyehatkan pencernaan dan ketika tubuh mengolah makanan dengan baik, liver akan menarik kolesterol dalam darah untuk mengurangi kadar LDL (kolesterol jahat).

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan, pasien yang mengonsumsi lebih dari 16 gram quinoa atau gandum utuh setiap hari, kadal LDL-nya lebih rendah ketimbang mereka yang tidak makan. Konsumsi quinoa secara rutin juga terbukti meningkatkan HDL atau kolesterol baik.

3. Menyehatkan Jantung

Makan quinoa bermanfaat meningkatkan asam tak jenuh yang berperan memelihara kesehatan jantung. Berdasarkan Journal of Food Lipids, quinoa kaya akan flavonoid, asam lemak omega-3 dan alpha-linolenic acid yang membantu menyehatkan jantung.

5 Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan dan Cara Memasaknya untuk DietMengenal manfaat quinoa untuk kesehatan. Foto: Getty Images


4. Kesehatan Pencernaan

Satu cangkir quinoa bisa memenuhi 21 persen kebutuhan serat harian yang baik untuk kesehatan pencernaan. Selain itu quinoa juga lebih mudah dicerna ketimbang biji-bijian lainnya.

Lebih dari itu dalam British Journal of Nutrition dipaparkan pula bahwa orang merasa perutnya kebih kenyang setelah makan quinoa, dibandingkan makan nasi. Hal ini mencegah kamu makan berlebihan sehingga pencernaan pun jadi lebih sehat.

5. Mencegah Diabetes dan Hipertensi

Pakar nutrisi Kelly Toups dari Whole Grains Council menuturkan manfaat quinoa lainnya adalah membantu mengontrol diabetes dan hipertensi. Pernyataannya diperkuat dengan hasil penelitian di Brasil yang menunjukkan bahwa quinoa kaya akan antioksidan quercetin. Aktivitas antioksidan ini bisa membantu pencegahan diabetes tipe 2 dan mengatur tekanan darah tetap normal.


Cara Memasak Quinoa untuk Diet

Quinoa lebih cepat dimasak ketimbang jenis gandum utuh dan biji-bijian lainnya. Memasak quinoa hanya memakan waktu 12 - 15 menit. Maka dari itu quinoa merupakan alternatif makanan diet yang sesuai untuk para pekerja dengan kesibukan padat.

Tekstur quinoa yang tetap kenyal baik disajikan dingin ataupun hangat, membuat bahan makanan ini fleksibel diolah menjadi berbagai macam makanan. Baik itu dijadikan bubur, campuran salad, sup bahkan tepung untuk membuat kue sehat.

Cara memasak quinoa untuk diet cukup mudah. Pertama-tama rendam quinoa dalam air selama beberapa menit. Kemudian tiriskan sambil diaduk-aduk menggunakan tangan agar kotoran dan lapisan saponin yang terasa pahit hilang.

5 Manfaat Quinoa Bagi Kesehatan dan Cara Memasaknya untuk DietIlustrasi cara memasak quinoa untuk diet. Foto: Getty Images


Setelah bersih, siapkan dua cangkir air matang atau bisa diganti dengan kaldu ayam/sapi. Lalu siapkan satu cangkir quinoa dan 1/4 sendok teh garam.

Tuangkan air atau kaldu, quinoa dan garam ke panci kecil. Nyalakan kompor, masak dengan api kecil selama 15 menit sampai air/kaldu terserap oleh quinoa.

Matikan api lalu angkat panci dari kompor, lalu diamkan quinoa selama sekitar 10 menit, agar lebih kenyal dan empuk. Quinoa pun bisa diolah dan dicampur dengan makanan sehat lainnya.

Itulah manfaat quinoa dan cara memasak quinoa untuk diet. Semoga bermanfaat.



Simak Video "Perawatan Unik, Berendam dalam Serbuk Kayu Pinus"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)